/ Sony

Ramaikan IFA 2017, Sony Siap Perkenalkan Smartphone Bezel-less

Gelaran IFA 2017 yang akan diselanggarakan pada tanggal 1 hingga 6 September 2017 di Berlin, Jerman, jadi ajang bergengsi bagi para produsen teknologi untuk memamerkan inovasinya racikannya. Salah satu produsen teknologi yang ikut berpartisipasi di ajang tahunan ini adalah Sony.

Produsen elektronik asal Jepang tersebut akan memperkenalkan satu smartphone buatannya yang sudah mengadopsi layar bezel-less. Jika di ajang MWC 2017 lalu Sony telah memperkenalkan Xperia XZ Premium dengan desain layar hampir bezel-less, smartphone flagship terbarunya yang bakal dirilis di IFA 2017 nanti bakal memiliki tepian layar yang lebih tipis lagi.

Seperti diberitakan Gizmochina, sebuah postingan di Weibo menyebutkan mulai awal bulan Juni ini JDI memulai produksi massal teknologi Full Active Display. JDI dibentuk pada tahun 2012 melalui konsolidasi bisnis panel layar Sony, Hitachi dan Toshiba yang telah mengumumkan teknologi layar LCD Full Active tahun lalu dan akan membawa layar bezel-less racikannya ke smartphone.

Baru-baru ini JDI juga berjuang keras karena proliferasi manufaktur LCD di Cina dan peralihan ke layar OLED yang dipelopori oleh Samsung yang tampaknya mencapai resolusi yang lebih baik dari LCD. Namun teknologi terbaru racikan JDI menggunakan layar 6 inci dan rasio aspek 18:9 ini akan menempatkannya lebih tinggi dari panel layar yang disematkan pada Mi MIX dalam hal rasio screen-to-body.

Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut mengenai rencana Sony untuk memperkenalkan smartphone bezel-less pada ajang IFA 2017 nanti. Namun, memang sudah waktunya bagi Sony untuk menghadirkan sebuah smartphone bezel-less. Hal ini dianggap penting jika Sony ingin benar-benar kembali berkompetisi di pasar smartphone global.

Seperti kita ketahui bersama, tak sedikit produsen smartphone yang juga menjadi kompetitor Sony untuk berlomba-lomba meracik smartphone bezel-less. Di tahun ini akan ada Apple yang memperkenalkan iPhone 8, Samsung yang akan merilis Galaxy Note 8 dan Xiaomi yang akan memasarkan Mi MIX 2. Semua smartphone tersebut besar kemungkinan akan hadir dengan desain bezel-less.

(last edit: 1 July, 2017 / 2:55 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
89%
Mau
4%
Biasa Aja
2%
Payah!
7%
Tentang Penulis
Yasser Arafat
Pengguna ASUS ZenFone 2 dan Samsung Galaxy J1 Ace. Mengawali karier sebagai jurnalis untuk Koran Joglosemar dan inilahkoran.com.