Connect with us
VivoBookPro
Tech News

Qualcomm Umumkan Tanggal Rilis Snapdragon 8150

Huawei sudah memperkenalkan Soc terbarunya, Kirin 980 beberapa bulan lalu. Kini, kita menunggu SoC uanggulan yang akan diperkenalkan oleh Qualcomm. Ya! SoC tersebut kabarnya akan diperkenalkan di awal Desember 2018.

Updated

Hingga saat ini SoC buatan Qualcomm masih diakui jadi yang terbaik oleh sejumlah pabrikan smartphones. Bahkan di segmen premium, SoC buatan Qualcomm banyak digunakan oleh pabrikan smartphone papan atas yang diluncurkan setiap tahunnya.

Bisa dibilang, produsen chipset yang berbasis di Amerika Serikat ini memiliki reputasi solid untuk memproduksi SoC yang dipadukan dengan modem dan GPU yang andal. Itu sebabnya semua pecinta gadget menantikan penerus dari Snapdragon 845 yang sukses dibuat oleh Qualcomm.

Sayangnya, Qualcomm tampaknya agak terlambat tahun ini. Sebuah laporan menyatakan bahwa kita mungkin baru bisa melihat chipset 7 nanometer pertama dari Qaulcomm pada tanggal 4 Desember 2018 nanti. Ya! Qualcomm pada tanggal tersebut memang akan menggelar sebuah acara di Hawaii.

Sejauh ini bocoran yang bergulir di dunia maya menyebutkan bahwa spesifikasi Snapdragon 8150 akan datang dengan desain inti CPU tiga-cluster. Tentu saja desain tersebut mengingatkan kita dengan Kirin 980 yang dibuat oleh Huawei.

Chipset yang diduga kuat sebagai Snapdragon 8150 belum lama ini sudah muncul di situs pengujian benchmarking AnTuTu. Tercatat, SoC tersebut memiliki skor mencapai 362.292 poin yang belum pernah terlihat di perangkat Android apa pun.

Satu-satunya SoC yang mampu mendekati Snapdragon 8150 itu adalah Kirin 980. Ya! Diuji via AnTuTu, Soc bseutan Huawei tersebut meraih skor hingga 311.840 poin. SoC di Black Shark Helo adalah yang terbaik berikutnya dengan skor 301.757 poin.

Berbicara soal arsitektur inti, Snapdragon 8150 memiliki satu core besar dengan clock speed 2,8 GHz, tiga core menengah dengan clock speed 2,4 GHz dan empat core efesiensi dengan clock speed 1,78 GHz. GPU di dalamnya diyakini sebagai Adreno 640 yang 20 persen lebih baik dari versi sebelumnya.

Baca juga

Tentunya, setelah Qualcomm akan memperkenalkan Snapdragon 8150 di bulan depan, informasi yang tak kalah menarik untuk kita tunggu adalah smartphone pertama yang akan memakai chipset tersebut di tahun depan. Jadi, kita akan terus tunggu perkembangan informasi tersebut.

Comments

Populer