Connect with us
ROG_Zephyrus_S_GX531
Tech News

Qualcomm Umumkan Kehadiran SoC Terintegrasi dengan Modem 5G

Umumkan kehadiran SoC terintegrasi dengan modem 5G, inilah salah satu solusi yang ditawarkan oleh Qualcomm untuk mempercepat adopsi 5G secara global.

Updated

Pada gelaran Mobile World Congress (MWC) 2019, Qualcomm mengumumkan kehadiran Snapdragon Mobile Platform 5G yang terintegrasi ke dalam System-on-Chip alias SoC. Ini sekaligus membuktikan bahwa Qualcomm sepenuhnya mendukung teknologi 5G yang sudah di depan mata.

Membangun kepemimpinannya dalam bidang 5G melalui Snapdragon X50, X55 dan solusi RF front-end (RFFE), Qualcomm juga menawarkan Snapdragon 5G Mobile Platform terintegrasi. Selain itu, ini juga untuk memperkuat ekosistem mobile global untuk adopsi 5G yang lebih luas dan cepat.

“Qualcomm tak pernah berhenti untuk mendorong R&D yang dimilikinya. Kini, melalui Mobile Platform terdepan yang kami miliki, memungkinkan para produsen smartphone untuk berinovasi dan menciptakan produk terbaru secara global,” ucap Cristiano Amon, President Qualcomm Inc.

Lebih jauh Cristiano menjelasakan bahwa adanya integrasi antara modem multimode 5G dan teknologi
pemrosesan aplikasi ke dalam sebuah SoC merupakan langkah utama dalam membuat 5G lebih banyak tersedia di seluruh wilayah dan daerah.

Platform Mobile terintergrasi baru ini merupakan yang pertama dalam road map platform seluler 5G yang kompatibel dengan perangkat lunak. Selain itu, ini inovasi juga memanfaatkan modul antena 5G mmWave dan komponen sub-6 GHz RFFE yang dikembangkan oleh Qualcomm

Solusi modem-to-antenna 5G yang komprehensif ini juga dirancang untuk memungkinkan para produsen
smartphone secara cepat dan efektif mengembangkan smartphone 5G secara virtual untuk semua jaringan 5G atau wilayah di dunia.

Snapdragon 5G Mobile Platform terintegrasi ini juga menghadirkan teknologi Qualcomm 5G Powersave. Berkat teknologi ini, memungkinkan smartphone memiliki masa pakai baterai seperti yang diharapkan kebanyakan pengguna saat ini, yakni bisa lebih lama.

Teknologi ini dikembangkan berdasarkan connected-mode discontinuous reception (C-DRX), yakni sebuah fitur resmi dalam spesifikasi 3GPP. Selain itu, Qualcomm juga menyuntikkan beberapa hal teknis lainnya agar daya tahan baterai pada smartphone 5G sebanding dengan perangkat Gigabit LTE saat ini.

Baca juga

Qualcomm 5G PowerSave juga mendukung modem 5G Snapdragon X50 dan X50. Diharapkan, Snapdragon 5G Mobile Platform terintegrasi ini dijadwalkan untuk dikirim kepada pelanggan pada Q2 2019. Selanjutnya, perangkat komersial baru akan hadir pada paruh pertama 2020.

Comments

Populer