Connect with us
ZFLive
Tech News

Qualcomm: Smartphone dengan Otak Snapdragon Bisa Terima Android P Lebih Awal

Droidlime.com,

/

Sistem operasi Android masih memiliki masalah dalam fragmentasi sehingga memacu Google untuk memberikan satu solusi kepada sejumlah pabrikan smartphone dengan memperkenalkan Project Treble. Seiring dengan hal itu, Qualcomm pun mengumumkan kemitraannya dengan Google untuk mempermudah hal itu.

Dalam blog resminya, Qualcomm juga menjabarkan mengenai kerja samanya itu dengan Google. Langkah awal adalah memecahkan masalah fragmentasi yang terjadi di dalam sistem operasi Android, terutama untuk membuat Android P lebih mudah diakses pada platform Snapdragon yang dikembangkannya.

Untuk itulah, Qualcomm berupaya keras untuk mengoptimalkan SoC yang dikembangkannya, terutama Snapdragon 845, Snapdragon 660 dan Snapdragon 636. Nantinya, perangkat yang didukung ketiga SoC ini akan mendapatkan Android P tiga bulan lebih cepat dari yang diperoleh sebelumnya.

Selain itu, Qualcomm juga berharap nantinya SoC Snapdragon lain buatannya dapat mendukung Project Treble di masa mendatang. Artinya, Project Treble ini harus bisa berlanjut di luar Android P dan nantinya juga memberi kemudahan dan kecepatan bagi produsen smartphone untuk memperbarui perangkat buatannya.

Jelas, ini merupakan kabar baik sehingga diharapkan produsen chipset lainnya dapat mengerjakan sesuatu yang mirip dengan Qualcomm dan Google. Tak sedikit juga yang berharap, produsen smartphone dan operator telekomunikasi bisa ikut memainkan peran mereka dalam memecahkan masalah ini.

Seperti kita ketahui, Google telah mengumumkan kehadiran Android P Beta Program. Selain Pixel Series, Google juga membuka diri kepada Sony Mobile, OnePlus, Xiaomi, Nokia, OPPO dan Vivo untuk menawarkan perangkatnya mencicipi beberapa fitur yang ada pada Android P.

Baca juga

Untuk perangkat non-Pixel yang bisa mencicipi Android P adalah Sony Xperia XZ2, OnePlus 6 (coming soon), Xiaomi Mi MIX 2S, Nokia 7 Plus, OPPO R15 Pro dan Vivo X21. Jika diperhartikan, masing-masing perangkat memang sudah ditopang dengan chipset buatan Qualcomm.

Advertisement
Comments
Tech News

Poster ini Ungkap Jajaran Produk Xiaomi yang Meluncur pada Akhir Mei 2018

Published

on

Xiaomi Mi 8 dan MIUI 10 adalah satu-satunya produk yang dikonfirmasi untuk diumumkan pada tanggal 31 Mei 2018 nanti oleh Xiaomi. Namun, CEO Xiaomi Lei Jun baru-baru ini mengatakan bahwa Xiaomi akan menggelontorkan berbagai produk baru di acara tersebut. Terkait dengan hal itu, beberapa penggemar perangkat Xiaomi pun atau yang dikenal dengan sebutan Mi Fans penasaran dengan produk-produk terbaru yang akan meluncur di Shenzen, Cina. Untuk itulah mereka memeriksa secara detail poster peluncuran yang belakangan ini sering muncul di internet. Setelah diperiksa lebih detail, ada tiga objek yang mereka tandai dengan lingkaran berwarna merah. MAsing-masing dari objek tersebut berbentuk kotak...
Continue Reading
Tech News

Vivo Rilis Vivo Z1, Smartphone Selfie dengan Otak Snapdragon 660

Published

on

Vivo kembali membuat kejutan dengan menghadirkan Vivo Z1 di pasar Cina. Namun jika melihat spesifikasi hardware yang disajikan, smartphone ini tak berbeda jauh dengan Vivo V9 dan X21. Selain itu, Vivo Z1 juga datang dengan layar poni alias notch di bagian atasnya. Vivo Z1 hadir dengan bentang layar LCD berukuran 6,26 inci dan memiliki resolusi 2.280 x 1.080 alias FullHD+. Smartphone yang sudah mengadopsi rasio layar 19:9 ini juga dibekali dengan chipset kelas menengah milik Qualcomm, yakni Snapdragon 660. Chipset yang dibenamkan juga sudah dipadukan dengan RAM sebesar 4 GB dan internal storage berkapasitas 64 GB. Vivo juga masih menyematkan...
Continue Reading
Tech News

Terancam Bubar, Essential Tidak akan Memproduksi Essential Phone Generasi Kedua

Published

on

Berita mengejutkan datang dari Eseential, sebuah perusahaan yang dibangun oleh Andy Rubin. Seperti dilaporkan oleh Bloomberg, perusahaan yang dibangun pada tahun 2015 lalu tidak lagi akan mengembangkan Essential Phone generasi kedua. Tak hanya itu, laporan lainnya juga menyebutkan bahwa Essential telah menyewa penasihat dari Credit Suisse Group AG untuk membantu mencarikan pembeli potensial yang tertarik mengakuisisi Essential. Setelah menjadi pemberitaan di ruang publik, hal ini pun sudah tak disangkal oleh Andy Rubin sendiri. Ya! Lewat ciutannya di Twitter Andy Rubin beberapa waktu lalu menegaskan bahwa Essential berikut paten yang dimilikinya akan dijual. Selain itu, "bapak Android" ini juga mengatakan bahwa...
Continue Reading

Wajib baca

Populer