Connect with us
ROG GL504
Tech News

Qualcomm Rilis Referensi Headset VR dengan Snapdragon 845

Published
Perangkat VR Snapdragon 845
Advertisement

Qualcomm Snapdragon 845 tidak hanya bertenaga bagi smartphone flagship keluaran tahun 2018 ini, melainkan juga akan menjadi otak untuk PC maupun perangkat VR (virtual reality). Contohnya tahun lalu, HTC meluncurkan perangkat virtual reality buatannya yang diotaki oleh Snapdragon 835, yakni Vive Focus.

Lenovo juga telah memperkenalkan perangkat VR Daydream pertama di dunia dengan Snapdragon 835 dalam ajang Consumer Electronics Show 2018, yakni Mirage Solo. Untuk mendukung ketersedian perangkat VR terbaru pada tahun 2018, Qualcomm baru saja meluncurkan desain referensi untuk perangkat VR dengan chipset Snapdragon 845.

Dalam tulisan di blog resminya, Qualcomm mengkalim bahwa fitur yang dibawa Snapdragon 845 ini bakal berguna untuk perangkat VR maupun AR. GPU Adreno 630 yang dibawa Snapdragon 845 bakal bekerja keras untuk menghasilkan kinerja bagus. Qualcomm mengatakan bahwa telah terjadi peningkatan 30 persen performa, 30 persen efisiensi daya, dan grafis dua kali lebih baik dibanding Snapdragon 835.

Bahkan Qualcomm juga mengumumkan sebuah teknologi baru yang disebut Adreno Foveation. Teknologi ini menggunakan kombinasi rendering grafis dan pelacakan mata untuk memahami mata pengguna sedang melihat ke arah mana. Ada juga kombinasi 6DoF (degrees of freedom) dan SLAM (simultaneous localization and mapping) untuk melacak tubuh dan lokasi sehingga memungkinkan penggunanya dapat berjalan dengan bebas di dalam ruangan tanpa memerlukan sensor dan kabel.

Baca juga

Qualcomm mengatakan bahwa hal ini bisa dicapai berkat kemampuan pemrosesan DSP Hexagon dan GPU Adreno di dalam Snapdragon 845. Sebagai tambahan, platform berbasis Snapdragon 845 ini dapat bekerja dengan ekosistem Google Daydream, Facebook Oculus, dan HTC Vive. Sayangnya Qualcomm belum mau memberikan bocoran perangkat VR pertama dengan Snapdragon 845 ini.

Comments

Wajib baca

Populer