Qualcomm Resmi Umumkan Chipset Andalan Snapdragon 845

Awal Desember ini, Qualcomm mengadakan acara Snapdragon Tech Summit yang bertempat di Hawaii, Amerika Serikat. Dalam acara tersebut, Qualcomm mengumumkan beberapa kabar terbaru, salah satunya adalah chipset mobile baru buatannya.

Snapdragon 845 yang diprediksi bakal hadir awal tahun 2018, akhirnya diperkenalkan lebih cepat dalam perhelatan ini. Qualcomm mengklaim Snapdragon 845 bakal jadi prosesor mobile tercepat sepanjang tahun 2018 nanti.

Tiga hal yang bakal didukung penuh oleh Snapdragon 845 adalah teknologi virtual reality, augmented reality, dan juga artificial intelligence. Dalam memproduksi chipset flagship ini, Qualcomm kembali bekerjasama dengan Samsung.

Agak mirip dengan Snapdragon 835 yang dibangun dengan fabrikasi 10nm, sang penerusnya, Snapdragon 845 juga memiliki teknologi 10nm yang merupakan generasi kedua. Di dalamnya terdapat dukungan modem LTE X20 untuk koneksi dengan kecepatan hingga gigabit.

Dalam acara ini juga turut hadir CEO Xiaomi, Lei Jun, yang mengonfirmasi kalau flagship terbaru dari Xiaomi bakal langsung menggunakan Snapdragon 845 yang baru dirilis ini. Selain Xiaomi, produsen lain juga sudah mengantre, yakni Samsung, Sony, HTC, dan LG.

Sayangnya Qualcomm belum membeberkan secara rinci seperti apa spesifikasi inti dan fitur baru apa saja yang dibawa Snapdragon 845. Namun jangan khawatir, informasi lengkapnya dipastikan bakal segera terkuak beberapa hari ke depan setelah berakhirnya ajang Snapdragon Tech Summit tersebut.

(last edit: 6 December, 2017 / 1:13 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
95%
Mau
4%
Biasa Aja
4%
Payah!
1%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.