Connect with us
TUF
Tech News

Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 8cx, Chipset untuk Laptop

Kejutan kembali dihadirkan oleh Qualcomm dengan memperkenalkan Snapdragon 8cx. Ya! Itulah chipset 7 nanometer yang dibuat oleh Qualcomm khusus untuk perangkat PC atau laptop berbasis Windows 10.

Updated

Qualcomm sudah memperkenalkan platform mobile unggulan terbarunya, Snapdragon 855. Bahkan kita sudah mengetahui secara detail seperti apa Qualcomm membangun chipset untuk smartphone tersebut dan fitur-fitur apa saja yang dibenamkan ke dalamnya.

Kini Qualcomm kembali membuat kejutan dengan merilis Snapdragon 8cx. Ya! Chipset yang khusus dibuat untuk PC dan laptop berbasis Windows 10 ini juga diperkenalkan di ajang Snapdragon Summit 2018 di Hawaii yang juga disaksikan langsung oleh Droidlime.

Seperti yang dikatakan oleh Alex Katouzian, Senior Vice President and General Manager for Mobile for Qualcomm bahwa Snapdragon 8cx adalah produk pertama yang lahir dari upaya independen di Qualcomm untuk memproduksi chipset yang ditujukan untuk laptop.

Tidak berbeda dengan Snapdragon 855, Qualcomm juga membangun Snapdragon 8cx dengan teknologi fabrikasi 7 nanometer. Selain itu, ada juga delapan inti prosesor yang sama yang digunakan, yakni 4 x A76 dan 4 x A55. Bedanya, chipset ini membenamkan Kryo 495.

Seperti namanya, Kryo 495 dibuat dengan memiliki lebih banyak cache, 10 MB cache L2 dan L3 serta cache sistem. Chipset ini juga dapat menangani besaran RAM hingga 16 GB serta memiliki dukungan penyimpanan NVMe dan UFS 3.0.

Qualcomm juga menyebutkan bahwa konsumsi daya dari chipset ini sekitar 7 Watt dan Snapdragon 8cx diklaim dapat bekerja dua kali lebih cepat daripada U Series dan Y Series yang dimiliki oleh Intel. Selain itu, GPU yang ditanam juga sudah lebih bertenaga dibandingkan dengan yang ada pada Snapdragon 845.

Tak kalah penting adalah masa pakai baterai yang tetap menjadi nilai jual yang ditawarkan oleh Qualcomm. Ya! Lewat beberapa presentasi yang disodorkan, chipset ini diharapkan mampu bertahan hingga dua hari dalam pemakaian penuh.

Pertanyaannya, kapan kita bisa menemukan PC atau laptop Windows 10 yang di dalamnya sudah dijejali Snapdragon 8cx? Qualcomm meyakini bahwa mitranya tertarik dengan kehadiran chipset ini dan berada pada “kapal’ yang sama.

Oleh karena itu, Qualcomm pun berani menjanjikan bahwa perangkat pertama yang di dalamnya sudah terpasang Snapdragon 8cx akan muncul pada paruh kedua tahun 2019. Jadi, kita tunggu saja kehadiran PC atau laptop Windows 10 pertama dengan Snapdragon 8cx.

Baca juga

Oh ya, sekadar informasi tambahan untuk kalian, label “cx” yang menempel pada chipset tersebut mengisyarakan “computer” dan “xtreme”. Artinya, Qualcomm memang ingin benar-benar memberikan kejutan di industri PC dan laptop. Bagaimana menurut kalian?

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.