Proses Pembuatan Perangkat di Pabrik Foxconn Gunakan Robot

Now Reading
Proses Pembuatan Perangkat di Pabrik Foxconn Gunakan Robot

Foxconn merupakan perusahaan outsourcing manufaktur 3C (Computer, Communication, and Consumer-electronics) terbesar di dunia karena dapat memangkas biaya tenaga kerja tanpa mengorbankan kualitas. Hal ini terbukti dengan diproduksinya perangkat-perangkat ternama di pabrik Foxconn, seperti Apple, Amazon, Sony, BlackBerry, Xiaomi, Motorola, Huawei, dan yang lainnya.

Model bisnis yang dimiliki oleh Foxconn adalah eCMMS (e-enabled Components, Modules, Moves and Services) dimana memilliki beberapa keunggulan dalam waktu yang sama memiliki rantai supply chain yang lebih pendek. Selain itu, model bisnis ini merupakan model one stop shopping vertikal dimana mengintegrasikan kemampuan mekanik, listrik, dan optik sekaligus yang mencakup solusi mulai dari pencetakan, perkakas, bagian mekanis, komponen, modul, sistem perakitan, desain, manufaktur, pemeliharaan, logistik, dan lain-lain.

Foxconn memiliki standar yang tinggi dalam memproduksi suatu perangkat. Dalam memproduksi smartphone InFocus misalnya, proses desainnya bodinya dibuat dengan keahlian yang presisi memakai logam dengan 8 CNC process yang mencakup internal structure & processing, the antenna structure processing, screen structure processing, 3D side hoe machining, 360 drilling Qieja, structure end milling, hingga overall polishing process.

Belum lama ini Foxconn mengaplikasikan robot dimana pekerjaan yang bersifat monoton, repetitif, dan mengandalkan fisik digantikan oleh teknologi tersebut. Hal ini dilakukan agar tenaga manusia lebih fokus pada riset, pengembangan (R&D), dan quality control. Dengan demikian, Foxconn dapat mengkolaborasikan tenaga robot dan manusia untuk menghasilkan produk yang lebih baik dari sisi kualitas dan kuantitas.

Lihat Juga Review
  •  
    Review ASUS ROG GL553VW
  •  
    Review OnePlus 3T
  •  
    Review ASUS Transformer Pro 3
  •  
    Review Acer E5-553G
Subscribe untuk terus update ulasan gadget terbaru dari kami!

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
70%
Mau
0%
Biasa Aja
20%
Payah!
10%
About The Author
Ryan Fibrian
Pengguna iPhone7 dan Samsung Galaxy Tab S2. Memiliki ketertarikan dengan dunia gadget dan IT. Memulai karir menulisnya di CHIP Indonesia pada tahun 2010 dan kini menjadi reviewer dan content writer di DroidLime.
Comments
Leave a response

Leave a Response