Balon WiFi Google Bakal Hadir di Indonesia

Balon udara milik Google (kini bernama Alphabet) yang dikenal dengan sebutan Project Loon bakal tersedia di Indonesia. Project Loon adalah proyek balon udara yang akan membawa sinyal WiFi di negara-negara berkembang untuk menyebarkan fasilitas internet.

Indonesia menjadi negara keempat yang bakal kedatangan Project Loon, menyusul Brasil, Selandia Baru, dan Australia. Hal ini diungkap co-founder Google, Sergey Brin di sebuah acara di Mountain View, California.

loon-indonesia

Untuk menyebarkan balon WiFi, Google bakal menggandeng tiga operator telekomunikasi di Indonesia. Mereka adalah Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat. Balon WiFi Google bakal terbang hingga 19 km di udara untuk memancarkan sinyal WiFi.

Project Loon sendiri dinilai sangat cocok untuk menyebarkan internet di negara seperti Indonesia yang memiliki luas lebih dari 740 ribu mil dan memiliki 17 ribu pulau. Adapun standar kecepatan yang bakal dibawa balon WiFi Google yakni hingga 10 Mbps. Namun belum dipastikan kapan proyek ini bisa dinikmati di Indonesia.

(last edit: 29 October, 2015 / 8:12 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
92%
Mau
4%
Biasa Aja
0%
Payah!
4%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna Samsung Galaxy S8 dan Huawei P10. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.