Produsen Robot Anki Ciptakan Robot Pintar Cozmo Mirip Wall-E

Sebelumnya, Anda telah mengetahui salah satu robot pintar Sphere BB yang mengadopsi tokoh dari film fiksi ternama, Star Wars. Kali ini, Anki memperkenalkan sebuah robot pintar yang sangat canggih, yaitu Cozmo. Apa saja yang dapat dilakukan oleh robot ini?

Sekilas Cozmo mengingatkan Anda dengan salah satu tokoh yang ada di film Disney, yakni Wall-E, sebuah robot masa depan yang memiliki personality sendiri. Desain Cozmo tidak besar, hanya seukuran hamster saja. Menariknya, robot ini dapat memberikan beberapa ekspresi yang cukup mengesankan.

Saat dilakukan pengisian daya, Cozmo seolah-olah tertidur dan menghasilkan bunyi dengkuran. Selain itu, robot ini mampu mengenali wajah orang dan tentunya memberikan ekspresi melalui LED berwarna biru dan suara seperti R2-D2.

Kegunaan robot ini memang belum banyak karena tujuan Anki awalnya untuk memberikan sebuah mainan dengan pengalaman yang luar biasa. Selain dapat mengekspresikan melalui wajahnya, Cozmo juga dapat mengekspresikan sesuatu melalui perbuatannya serta dapat berinteraksi juga melalui iOS dan Android Apps.

Cozmo dapat mengembangkan personality-nya dengan cara yang tidak dapat kita prediksikan karena robot ini mampu mempelajari skill dan task dasar. Anki akan menjual Cozmo pada bulan Oktober di Amerika Serikat dan harganya di kisaran US$180 (US$160 khusus pre-order.)

(last edit: 28 June, 2016 / 11:13 am)

Artikel menarik lainnya

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
33%
Mau
61%
Biasa Aja
0%
Payah!
6%
About The Author
Ryan Fibrian
Pengguna iPhone7 dan Samsung Galaxy Tab S2. Memiliki ketertarikan dengan dunia gadget dan IT. Memulai karir menulisnya di CHIP Indonesia pada tahun 2010 dan kini menjadi reviewer dan content writer di DroidLime.