Produsen Layar Asal Cina Ini Sukses Bikin Panel OLED ala iPhone X

Bukan cuma jadi pemimpin di industri smartphone global, Samsung juga tercatat sebagai produsen panel layar OLED terbesar untuk perangkat smartphone. Selain dipakai untuk smartphone buatannya sendiri, panel OLED Samsung juga dipakai pada flagship iPhone X.

Karena kecanggihan dan kualitasnya, panel buatan Samsung juga kerap dijadikan contoh dan diadopsi teknologinya oleh produsen lain, sebut saja JDI dan BOE. Keduanya sama-sama berasal dari Cina.

boe oled 2

Untuk BOE sendiri, sebenarnya namanya masih sangat asing di telinga. Tapi nyatanya produsen panel layar satu ini diam-diam sudah berhasil merancang prototipe panel OLED buatannya.

Bahkan, kabarnya BOE juga sedang bernegosiasi untuk menjadi pemasok panel layar iPhone generasi selanjutnya dari Apple. Adapun panel layar yang belum lama ini dipamerkan BOE berjenis fullscreen dengan rasio 18:9.

Panel ini terlihat sangat mirip layar iPhone X dengan ciri khas berupa poni pada bagian tengah atas layarnya. Dimensinya mencapai 6,18 inci dengan resolusi super tinggi 2.992 x 1.440 piksel.  Sementara brightness-nya mencapai 390 nits.

Kehadiran panel OLED besutan BOE ini tentunya bakal makin meramaikan industri smartphone tahun depan. Jika pun panel buatannya tidak dipakai Apple untuk iPhone, tentu ada banyak produsen smartphone Android lain yang siap menampungnya. Dengan kata lain, tren layar fullscreen ala iPhone X bakal banyak diadopsi oleh smartphone Android nantinya.

(last edit: 3 December, 2017 / 4:11 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
79%
Mau
4%
Biasa Aja
12%
Payah!
7%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.