Prediksi Spesifikasi, Harga, dan Waktu Rilis iPhone 8

Tahun ini diprediksi bakal jadi tahun kelahiran iPhone 8. Smartphone ini digadang-gadang akan melengserkan dua smartphone tercepat saat ini, Samsung Galaxy S8 dan Xiaomi Mi 6. Lalu, seperti apa bocoran penampakan dan jeroan dari iPhone 8? Berikut adalah rumor dan prediksi iPhone 8 yang kami ketahui sejauh ini.

Desain

ip8 mockup

Kami menemukan ada banyak sekali rumor perihal desain yang diusung iPhone 8. Bahkan, beberapa hari yang lalu situs BGR sempat membocorkan mockup atau render final dari smartphone generasi terbaru buatan Apple ini. Lalu, bagaimana desain iPhone 8? Dari render yang kami peroleh, tampak jelas desain iPhone 8 jauh berbeda dari model-model sebelumnya.

Di bagian depan, iPhone 8 dirumorkan bakal menggunakan layar OLED dengan bezel super tipis. Menariknya, kami tak menemukan adanya tombol fisik home di bagian depan. Beralih ke bagian belakang, smartphone ini bakal dipersenjatai dengan dual-camera yang diletakkan secara vertikal.

Karena hilangnya tombol fisik home di bagian depan, diprediksi iPhone 8 bakal menyematkan sensor sidik jari atau fingerprint di bagian layarnya. Jika hal ini benar-benar terjadi, tentu akan menjadi nilai lebih bagi iPhone 8, sebab hingga saat ini belum ada smartphone yang mengadopsi teknologi tersebut.

Kamera

ip8 design

Seperti telah disebutkan, untuk sektor kamera, iPhone 8 diprediksi akan menggunakan dual-camera belakang yang diposisikan secara vertikal dan diletakkan di pojok kanan atas. Penempatan secara vertikal ini diprediksi ada kaitannya dengan teknologi augmented dan virtual reality.

Ya, sudah barang tentu Apple akan menyematkan teknologi teranyar pada kameranya. Tentu saja, hal ini bertujuan agar foto yang dihasilkan oleh dual kamera iPhone 8 terlihat lebih baik. Sayangnya, belum ada bocoran yang akurat mengenai besaran resolusi serta sensor yang digunakan.

Spesifikasi dan fitur

iPhone 8 4

Tak berbeda dengan dual-camera yang disematkan, sampai saat ini juga belum ada informasi yang valid mengenai spesifikasi hardware yang akan dibawa iPhone 8. Namun jika boleh berasumsi, nampaknya smartphone ini akan mengadopsi prosesor yang lebih bertenaga dibandingkan pendahulunya, yakni Apple A11.

Besar kemungkinan, iPhone 8 bakal menggunakan memori internal dengan kapasitas yang lebih besar hingga 256 GB. Tak kalah menarik, tentu saja fitur-fitur yang dibenamkan. Hal ini perlu dilakukan oleh Apple guna menandingi keperkasaan kompetitornya, yakni Samsung Galaxy S8.

Ya, smartphone ini diprediksi akan meminimalisir kebiasaan kuno mengisi daya baterai menggunakan kabel. Sebagai gantinya, Apple akan menyisipkan fitur wireless charging. Tak hanya itu saja, iPhone 8 juga diperkirakan bakal menhadirkan tiga sensor keamanan sekaligus, yakni sensor sidik jari, iris mata, dan pengenalan wajah 3D.

Apakah hanya itu? Tentu saja Apple tak berhenti sampai di situ. Smartphone ini juga bakal dibekali dengan sertifikasi IP68 alias kemampuan tahan air dan debu. Jika hal ini benar-benar terealisasi, bisa jadi mimpi buruk bagi Samsung Galaxy S8.

Harga dan waktu rilis

iphone 8 design

Sesuai dengan tradisi yang Apple lakukan, kemungkinan besar iPhone 8 akan dirilis pada bulan September nanti. Namun, bagi kita warga Indonesia harus bersabar karena biasanya butuh waktu lebih dari dua bulan untuk dapat membelinya secara resmi. Sudah bisa dipastikan, smartphone ini akan dilepas dengan harga di atas Rp10 juta.

(last edit: 30 May, 2017 / 1:13 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
51%
Mau
5%
Biasa Aja
11%
Payah!
41%
Tentang Penulis
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.