Connect with us
MaxProM1
Featured

POLLING: Xiaomi Redmi Note 5 vs Nokia 6.1 Plus, Bagus Mana?

Di pasar Indonesia, Xiaomi telah mendatangkan Redmi Note 5 pada bulan April 2018 lalu. Smartphone ini datang dengan dukungan chipset Snapdragon 636. Namun mulai awal September ini, Redmi Note 5 punya lawan baru, yakni Nokia 6.1 Plus yang juga disokong chipset Snapdragon 636.

Updated

Pada pertengahan April 2018 lalu, Xiaomi kembali membuat kejutan dengan memboyong Redmi Note 5 ke pasar Indonesia. Satu hal yang sangat menarik, smartphone ini datang dengan chipset Snapdragon 636 besutan Qualcomm.

Nah! Diawal bulan September ini ada satu lagi smartphone Android yang juga disokong dengan chipset Snapdragon 636. Adalah Nokia 6.1 Plus yang cukup percaya diri untuk datang ke pasar Indonesia dan siap bertarung di pasar kelas menengah.

Jika diminta untuk memilih, mana yang kalian ingin beli? Xiaomi Redmi Note 5 atau Nokia 6.1 Plus. Sebelum memilih diantara keduanya, ada baiknya kita mencari tahu apa saja dukungan lainnya yang dibenamkan oleh masing-masing pabrikan selain dukungan chipset Snapdragon 636.

Desain bodi logam vs kaca


Xiaomi mendandani Redmi Note 5 dengan layar 5,99 inci FullHD+ dengan resolusi 1.080 x 2.160 piksel. Aspek rasio yang dimiliki smartphone ini juga sudah 18:9 dan Redmi Note 5 adalah smartphone Redmi 5 Series kedua yang mengusung layar 18:9.

Berbeda dengan Redmi Note 5, layar Nokia 6.1 Plus memiliki ukuran 5,8 inci. Hanya saja aspek rasionya sudah 19:9 dan resolusinya juga sedikit berbeda, yakni 1.080 x 2.280 piksel. Perbedaan lainnya, Nokia 6.1 Plus juga dikemas dengan layar poni di bagian atasnya dan layarnya diproteksi Corning Gorilla Glass.

Baik Redmi Note 5 dan Nokia 6.1 Plus, sama-sama memiliki layar penuh. Oleh karena itu, pengguna tidak akan lagi menemukan tombol navigasi fisik. Semua tombol pengoperasian telah di dorong ke dalam layar. Ya! Bisa dibilang keduanya sudah layak dikatakan sebagai smartphone modern.

Bagimana dengan bagian belakangnya? Seperti kebanyakan smartphone Xiaomi lainnya, Redmi Note 5 memiliki desain yang tak banyak berubah. Satu hal yang menarik, panel bodi belakang smartphone ini telah dibalut material logam sehingga terlihat lebih kokoh.

Seakan tak mau kehilangan kesan premiumnya, Nokia 6.1 Plus pun dirancang dengan desain panel belakang yang tak main-main. Bodi belakang dibalut material kaca dengan frame alumunium sehingga benar-benar terasa kokoh dan kompak.

Sama-sama punya dual-camera belakang

Sudah barang tentu, smartphone yang saat ini diminati oleh banyak orang adalah yang ditopang dengan dukungan dual-camera belakang. Baik Redmi Note 5 maupun Nokia 6.1 Plus yang dipasarkan di Indonesia, keduanya sama-sama dibekali dual-camera belakang.

Redmi Note 5 datang dengan dual-camera yang memiliki konfigurasi 12 MP sebagai lensa primer dan 5 MP sebagai lensa sekunder. Kedua lensa yang ada, masing-masing dilengkapi aperture f/2.2 dan f/2.0 serta LED flash. Xiaomi juga sudah membenamkan fitur artificial intelligence ke dalam dual-camera-nya ini.

Sedangkan Nokia 6.1 Plus datang dengan dual-camera yang memiliki konfigurasi 16 MP dengan aperture f/2.0 + 5 MP sebagai lensa sekunder yang memiliki aperture f/2.4. Dukungan dual-camera yang ada juga sudah dilengkapi dengan dual-tone LED flash.

Lantas, bagaimana dengan dukungan kamera depannya? Redmi Note 5 memiliki kamera depan dengan resolusi 13 MP yang sudah disokong fitur portrait mode dan LED flash. Sedangkan Nokia 6.1 Plus memiliki kamera depan dengan resolusi yang lebih besar, yakni 16 MP plus aperture f/2.2.

Punya otak yang sama, baterai berbeda

Seperti yang telah disebutkan, baik Redmi Note 5 maupun Nokia 6.1 datang dengan otak yang sama, yakni Snapdragon 636. Chipset ini juga telah terintegrasi dengan Adreno 509 untuk urusan grafisnya. Lantas, bagaimana dengan dukungan RAM, storage dan baterainya?

Ya! Redmi Note 5 yang dipasarkan di Indonesia memiliki dua opsi RAM, yakni 3 GB dan 4 GB. Begitu juga dengan internal storage yang dibenamkan, pilihannya ada 32 GB dan 64 GB. Smartphone ini pun masih dibekali dengan slot microSD untuk menampung data tambahan.

Sedangkan Nokia 6.1 Plus hanya datang dengan satu opsi, yakni RAM 4 GB dan storage berkapasitas 64 GB. Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan slot microSD yang mampu menampung data tambahan hingga 400 GB.

Untuk urusan catu daya, Redmi Note 5 memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh. Dari pengujian PCMark yang DroidLime lakukan untuk mengetahui daya tahan baterainya, hasil yang didapat cukup impresif, yakni bisa bertahan di atas tujuh jam. Sedangkan Nokia 6.1 Plus memiliki baterai berkapasitas 3.060 mAh.

Android One vs MIUI 9.5

Salah satu nilai jual yang juga bisa jadi senjata utama dari Nokia 6.1 Plus adalah dukungan sistem operasi yang disematkan. Masuk ke dalam proyek Android One, Nokia 6.1 Plus datang dengan sistem operasi Android Oreo murni dan dijanjikan akan lebih cepat untuk mendapat update Android terbaru.

Sedangkan Redmi Note 5 datang dengan antarmuka kebanggan Xiaomi, yakni MIUI 9.5 berbasis Android 8.1 Oreo. Namun begitu, jangan berharap banyak untuk mendapatkan update Android terbaru lebih cepat ketimbang Nokia 6.1 Plus.

Terakhir adalah harga yang ditawarkan. Redmi Note 5 versi RAM 3 GB + ROM 32 GB dijual seharga Rp2,5 juta dan versi RAM 4 GB + ROM 64 GB dibanderol Rp3 juta. Sedangkan Nokia 6.1 Plus yang memiliki RAM 4 GB + ROM 64 GB dijual seharga Rp3,4 juta.

Pilih Xiaomi Redmi Note 5 atau Nokia 6.1 Plus

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.