Connect with us
MaxProM1
Vivo V11 Pro vs Xiaomi Mi A2 Vivo V11 Pro vs Xiaomi Mi A2 560x600
Featured

POLLING: Vivo V11 Pro vs Xiaomi Mi A2, Mana yang Mau Dibeli?

Ada dua smartphone kelas menengah yang hadir di pasar Indonesia dan keduanya sama-sama dibekali chipset Snapdragon 660 AIE buatan Qualcomm. Ya! Itulah Vivo V11 Pro dan Xiaomi Mi A2. Lantas dari keduanya, mana yang kalian akan beli?

Updated

Pasar smartphone di Indonesia telah kedatangan Vivo V11 Pro dan juga Xiaomi Mi A2. Sama-sama dipasarkan di kelas menengah, keduanya juga datang dengan dukungan chipset yang sama, yakni Snapdragon 660 AIE yang dikembangkan oleh Qualcomm.

Sudah barang tentu, kedua smartphone ini akan “head-to-head” untuk memperebutkan hati pecinta gadget di Tanah Air. Apalagi jika melihat spesifikasi dan tentunya desain yang ditawarkan. Lantas dari keduanya, mana yang lebih menarik di mata kalian?

Punya otak sama, Snapdragon 660 AIE

Snapdragon 660 1

Seperti yang telah disinggung, baik Vivo V11 Pro maupun Xiaomi Mi A2, masing-masing datang dengan otak yang sama, yakni dibekali dengan Snapdragon 660 AIE dari Qualcomm. Keduanya juga memiliki CPU Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260) dan dukungan GPU Adreno 512.

Namun jauh lebih dalam, Xiaomi hanya mendatangkan Mi A2 dengan dukungan RAM 4 GB internal storage 64 GB. Sedangkan Vivo lebih berani untuk menawarkan Vivo V11 Pro di pasar Indonesia dengan dukungan RAM 6 GB dan internal storage berkapasitas 64 GB.

Bagi kalian yang tertarik untuk membeli Mi A2 harus puas dengan kapasitas storage yang ada. Ya! Smartphone ini tidak dibekali slot microSD. Sedangkan Vivo boleh berbangga, pasalnya V11 Pro masih dilengkapi dengan slot microSD yang bisa menampung data tambahan hingga 256 GB.

Bagaimana dengan catu dayanya? Vivo V11 Pro datang dengan baterai berkapasitas 3.400 mAh. Sedangkan Xiaomi Mi A2 dibekali baterai berkapasitas lebih kecil, yakni 3.010 mAh. Sampai di sini, mana yang kalian ingin beli, Vivo V11 Pro atau Xiaomi Mi A2?

Dukungan dual-camera belakang

Xiaomi Mi A2 5

Kedua smartphone kelas menengah ini sama-sama ditopang dengan dukungan dual-camera belakang. Meski begitu, ada perbedaan dengan keduanya. Xiaomi Mi A2 telah dibekali dengan dual-camera belakang yang memiliki konfigurasi 20 MP + 12 MP. Ya! Kedengarannya memang sangat menarik.

Jika kalian tertarik untuk membeli Vivo V11 Pro, smartphone ini hanya dibekali dengan dual-camera belakang yang memiliki konfigurasi 12 MP + 5 MP. Namun baik Xiaomi Mi A2 maupum Vivo V11 Pro, dukungan dual-camera yang disematkan telah dilengkapi dengan LED flash.

Untuk memanjakan para penyuka selfie, tentunya Vivo V11 Pro sangat lebih percaya diri. Bagimana tidak, smartphone ini datang dengan dukungan kamera depan 25 MP, sedangkan Mi A2 hanya 20 MP yang sudah dilengkapi dengan LED flash.

Sebagai smartphone yang datang di tahun 2018 ini, keduanya juga sudah dibekali dengan teknologi artificial intelligence untuk urusan memotret. Ya! Teknologi AI yang ada pada kamera utama dan juga kamera depan jadi alat jualan yang ditawarkan oleh dua pabrikan smartphone asal Cina ini.

Desain layar dan bodi smartphone

vivo v11 pro 1

Xiaomi Mi A2 datang dengan layar berukuran 5,99 inci FullHD+ dan aspek rasio yang dimiliki adalah 18:9. Sedangkan Vivo V11 Pro datang dengan layar berukuran 6,41 inci FullHD+ dan aspek rasionya sudah 19,5:9. Perbedaan lainnya, layar Mi A2 masih IPS LCD, sedangkan V11 Pro sudah Super AMOLED.

Bagaimana dengan desainnya? Harus diakui, Vivo V11 Pro memiliki desain bodi yang lebih menarik. Panel depannya ada poni berukuran kecil sebagai tempat kamera depan. Panel belakangnya yang terbuat dari plastik polikarbonat dibalut dengan warna ciamik dan memiliki teksture glitter yang nampak berkilau.

Berbeda jauh dengan dengan Vivo V11 Pro, desain depan Xiaomi Mi A2 masih punya bezzel yang cukup tebal dan tidak punya poni. Sedangkan pada panel bagian belakangnya dibuat mirip dengan kebanyakan smartphone Xiaomi kelas menengah yang sudah muncul di pasaran.

Sistem operasi dan fitur keamanan biometrik

Vivo V11 Pro Fingerprint

Seperti juga Mi A1 yang diperkenalkan pada tahun lalu, Xiaomi menghadirkan Mi A2 dengan dukungan Android One. Ya! Bisa dibilang, sistem operasi Android 8.1 Oreo yang dibenamkan ke dalam Mi A2 benar-benar murni alias Pure Android. Jadi, kalian tidak akan lagi menemukan antarmuka MIUI di dalamnya.

Sedangkan Vivo V11 Pro datang dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka kebanggan Vivo, yakni Funtouch OS 4.5. Jadi untuk urusan update atau pembaruan sistem, bisa dipastikan Mi A2 akan lebih didahulukan oleh Google ketimbang Vivo V11 Pro.

Nah! Untuk urusan fitur keamanan biometrik, kembali Vivo pasti akan jadi smartphone yang didambakan banyak orang. Apa sebab? Ya! Vivo V11 Pro datang dengan pemindai sidik jari di dalam layar. Sedangkan Mi A2 masih mengadopsi fingerprint fisik yang ditempatkan di bagian belakang perangkat.

Seperti juga kebanyakan smartphone kelas menengah lainnya, Xiaomi dan Vivo juga membekali masing-masing perangkat buatannya itu dengan fitur face unlock yang terintegrasi dengan kamera depan. Jadi, mau beli yang mana, Vivo V11 Pro atau Xiaomi Mi A2?

Harga dan ketersediaan

Di pasar Indonesia, Vivo V11 Pro dibanderol dengan harga Rp4.999.000. Ada dua pilihan warna yang ditawarkan, yakni Nebula Purple dan Starry Black. Sedangkan Mi A2 yang hanya tersedia RAM 4 GB + ROM 64 GB dijual dengan harga Rp3.699.000 mulai tanggal 27 September 2018 nanti.

Memiliki harga pasar yang terpaut cukup besar, tentu saja masing-masing pabrikan menawarkan banyak hal yang berbeda. Tak hanya berbeda dari sisi desain, dukungan kamera, tetapi juga RAM dan storage yang ditawarkan. Ya! Meskipun keduanya sama-sama dibekali Snapdragon 660 AIE.

Pilih Vivo V11 Pro atau Xiaomi Mi A2?

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.