Setelah sempat digemparkan dengan perilisan tiga smartphone Android Nokia dan satu ponsel jadul 3310, kita kembali mendengar kabar tentang Nokia. Akhir pekan kemarin, sebuah smartphone yang masih berupa prototype beredar.

Smartphone tersebut diyakini adalah flagship Nokia 9. Desain keseluruhannya memang tidak terlihat jelas karena ditutupi casing. Namun dari beberapa foto yang bocor, nampak penggunaan dual-camera yang desainnya memang khas smartphone Nokia.

Dan hari ini (22/05), kita kembali mendapat kabar terbaru yang menyebutkan adanya tiga smartphone Nokia yang terdaftar di Geekbench. Ketiga smartphone ini memiliki codename "Heart" yang sama seperti smartphone Nokia bikinan HMD Global.

nokia 9

Disebutkan ketiga varian ini akan menggunakan chipset Qualcomm, masing-masing Snapdragon 835 untuk varian tertinggi serta Snapdragon 630 dan 660 untuk kelas menengah. Penggunaan chipset ini tentunya sangat menarik karena ini adalah model baru yang punya performa lebih ngebut.

Tapi sayangnya tak sedikit penggila gadget yang sudah kadung kecewa dan pasrah menanggapi pemberitaan smartphone besutan Nokia. Dari yang tadinya gembira kini menjadi tak semangat. Sebabnya Nokia seperti memberi harapan palsu dan lini produk yang ada sekarang dinilai belum benar-benar "menggigit".

Kami sendiri masih cukup sabar menanti dan menyaksikan kehadiran smartphone Nokia yang benar-benar canggih seperti halnya ponsel Nokia yang selama ini kita kenal, meski tak tahu kapan dirilis. Nah, bagaimana dengan Anda? Kami ingin tahu, apakah Anda termasuk yang masih setia menanti perangkat terbaru Nokia atau justru sudah tak peduli lagi?

Smartphone Nokia terbaru, pantaskah dinanti?

(last edit: 22 May, 2017 / 2:08 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
55%
Mau
7%
Biasa Aja
17%
Payah!
26%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.