Connect with us
MaxM2
Featured

POLLING: Samsung Galaxy J6+ vs Xiaomi Mi A2, Mana yang Cocok Dibeli?

Samsung Galaxy J6+ 4GB/64GB punya harga sedikit lebih murah daripada Mi A2 4GB/64GB. Keduanya sudah hadir di pasar Indonesia. Lantas, mana yang kalian ingin beli?

Updated

Samsung baru saja mengumumkan kehadiran smartphone barunya di pasar Indonesia, yakni Samsung Galaxy J6+. Ada dua varian yang ditawarkan, RAM 3 GB + ROM 32 GB dan RAM 4 GB + ROM 64 GB. Tentu saja untuk varian kedua kedengarannya lebih menarik.

Nah! Terkait dengan varian Galaxy J6+ yang ditawarkan oleh Samsung, sebelumnya Xiaomi juga sudah menggulirkan Xiaomi Mi A2 yang juga punya RAM 4 GB + ROM 64 GB. Menariknya, baik Galaxy J6+ maupun Xiaomi Mi A2, dijual dengan harga yang tidak terpaut terlalu jauh.

Samsung Galaxy J6+ dengan RAM 4 GB + ROM 64 GB dibanderol seharga Rp3.499.000. Sedangkan Xiaomi menawarkan Mi A2 RAM 4 GB + ROM 64 GB dengan harga Rp3.699.000. Melihat hal itu, mana yang kalian pilih?

Desain dan layar

Samsung Galaxy J6+ yang baru-baru ini dipasarkan di Indonesia datang dengan desain yang tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan smartphone flagship milik Samsung. Ya! Smartphone ini datang dengan desain layar Infinity Display berukuran 6 inci dengan resolusi HD+ dan aspek rasio 18,5:9.

Sedangkan Xiaomi mengemas Mi A2 dengan layar IPS LCD berukuran 5,99 inci. Resolusi smartphone ini sudah FullHD+ dan memiliki aspek rasio 18:9. Smartphone ini juga dikemas dengan rasio screen-to-body yang lebih besar daripada Galaxy J6+, yakni 77,4 persen.

Berbicara soal dimensi, Galaxy J6+ memiliki ukuran 161,4 x 76,9 x 7,9 mm, sedangkan Mi A2 memiliki ukuran 158,7 x 75,4 x 7,3 mm. Bobot keduanya juga berbeda, jika J6+ memiliki bobot 178 gram, Mi A2 sedikit lebih ringan, yakni hanya 166 gram.

Berbicara soal desain panel bodi belakang, pada Mi A2 telah bercokol dual-camera yang posisinya berada di pojok kiri atas dan diantara dua kamera tersebut terselip LED flash. Tak ketinggalan, Xiaomi juga meletakkan sensor fingerprint.

Sedangkan panel belakang Samsung Galaxy J6+ juga termuat dual-camera yang juga diposisikan secara vertikal. Hanya saja, dual-camera yang disematkan berada di tengah atas dan di sebelahnya ada LED flash. Tidak ada sensor sidik jari di bagian belakang.

Punya otak berbeda

Salah satu hal yang banyak ditanyakan konsumen ketika membeli sebuah smartphone adalah dukungan chipset yang disematkan. Jelas, di sini Xiaomi jauh lebih unggul. Bagaimana tidak! Mi A2 telah dibekali chipset Snapdragon 660 dengan dukungan Artificial Intelligence Engine.

Sangat berbeda dengan Mi A2, Samsung meracik Galaxy J6+ dengan chipset Snapdragon 425 Quad-core yang memiliki clock speed 1,4 GHz. Hanya saja, Galaxy J6+ sedikit lebih unggul dalam hal baterai. Samsung membenamkan baterai 3.300 mAh, sedangkan Xiaomi Mi A2 hanya punya kapasitas 3.000 mAh.

Dukungan sektor fotografi

Seperti yang telah disinggung di atas, baik Galaxy J6+ maupun Xiaomi Mi A2 sama-sama disokong dengan dukungan dual-camera belakang. Lagi dan lagi, Xiaomi punya dukungan dual-camera belakang yang menjanjikan. Ya! Mi A2 punya dual-camera 12 MP + 20 MP.

Sedangkan Galaxy J6+ punya dual-camera belakang dengan resolusi 13 MP + 5 MP dan keduanya disokong dengan aperture f/1.9 dan f/2.2. Untuk kamera depannya, Xiaomi Mi A2 punya resolusi 20 MP, sedangkan J6+ hanya 8 MP. Xiaomi juga melengkapi dukungan kameranya dengan AI.

Android One menempel di Mi A2

Seperti yang kita tahu bersama, Xiaomi telah memasukkan Mi A Series ke dalam pengembangan Android One yang digagas oleh Google. Begitu juga dengan Mi A2, smartphone ini pun datang dengan sistem operasi Android Oreo 8.1 berbaju Android One.

Berbeda dengan Xiaomi, Samsung tidak memasukkan smartphone kelas menengahnya ini ke dalam proyek Android One. Oleh karena itu, Galaxy J6+ datang dengan sistem operasi Android 8.1 alias Oreo yang memiliki antarmuka seperti kebanyakan smartphone Samsung pada umumnya.

Soal keamanan, kedua smartphone ini sama-sama dilengkapi dengan pemindai sidik jari. Bedanya, Xiaomi menempatkan fitur keamanan biometrik ini di bagian belakang perangkat. Sedangkan Samsung menempatkanya di sisi bingkai sebelah kanan.

Daya tarik lainnya dari smartphone yang dibuat oleh Samsung adalah dukungan audio. Ya! Galaxy J6+ telah didukung dengan kemampuan audio Dolby Atmos sehingga mampu menyemburkan suara yang lebih nyaman terdengar di telinga.

Samsung Galaxy J6+ (4/64) vs Xiaomi Mi A2 (4/64)

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.