Connect with us
TUF
Featured

POLLING: Realme 2 Pro vs Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Di pasar Indonesia, Realme telah merilis Realme 2 Pro dan Xiaomi telah meluncurkan Redmi Note 6 Pro. Dari kedunya, mana yang lebih berhak menyandang gelar “Pro”?

Updated

Kedatangan Realme ke pasar Indonesia menjadi momok menakutkan bagi Xiaomi. Pasalnya, Realme berani merilis smartphone murah meriah namun dengan spesifikasi yang menggoda seperti layar berponi, hardware mumpuni hingga dual-camera berkualitas tinggi.

Xiaomi pun sadar bahwa kehadiran Realme bakal mengancam keberadaannya di Indonesia. Namun hal ini tak membuat Xiaomi gentar, malahan pabrikan asal Cina itu makin getol merilis smartphone generasi baru dengan harga yang masih terjangkau.

Seperti yang kita tahu bersama, Xiaomi baru saja merilis Redmi Note 6 Pro. Di sisi lain, Realme pun sudah lebih dulu merilis mid-range andalannya, Realme 2 Pro. Nah! Sama-sama membawa embel-embel yang sama, menarik untuk mengetahui dari keduanya yang pantas menyandang “Pro”.

Desain dan layar

Dipasarkan untuk anak muda yang lebih dinamis, Realme 2 Pro punya desain yang lebih fresh. Hal ini pun tersirat dari layarnya yang menyajikan konsep full-view dengan poni “dewdrop” alias tetesan air. Layarnya sendiri berukuran 6,3 inci dengan resolusi FullHD+ dan aspek rasio 19,5:9.

Untuk bodinya, Realme 2 Pro datang dengan balutan polikarbonat yang dipercantik dengan lima lapis teknologi laminasi. Berkat teknologi tersebut, bodi Realme 2 Pro tampak berkilauan, kokoh dan nyaman saat digenggam. Di bagian belakangnya juga bercokol kamera ganda dan sensor fingerprint.

Tak mau dibilang ketinggalan zaman, Xiaomi juga mengemas Redmi Note 6 Pro dengan desain kekinian. Pada bagian depan terdapat layar berukuran 6,26 inci dengan resolusi FHD+ dan aspek rasio 19:9. Berbeda dengan Realme 2 Pro, poni yang dimiliki Redmi Note 6 Pro lebih besar dan sangat mencolok.

Bagian belakangnya masih sama persisi dengan seri-seri smartphone Xiaomi lainnya, yakni dual-camera vertikal di sudut kiri dan sensor fingerprint pada bagian tengah. Sementara untuk bodinya, Redmi Note 6 Pro bahan metal yang kuat dan solid.

Hardware dan software

Beralih ke sisi hardware, Realme dibekali jeroan yang lumayan kuat. Smartphone ini datang dengan SoC Snapdragon 660 yang sudah mendukung teknologi AI dan di dalamnya sudah terpasang GPU Adreno 512. Ada opsi RAM 4 GB/6 GB/8 GB serta internal storage 64 GB/128 GB.

Dengan jeroan seperti ini, performa yang dihasilkan sangat mumpuni untuk melayani pengguna yang hobi bermain game. Tak ketinggalan, ada baterai berkapasitas 3.500 mAh sebagai sumber daya smartphone ini. Selain itu, Realme 2 Pro juga sudah berjalan dengan antarmuka ColorOS 5.2 berbasis Android 8.1 Oreo.

Bagaimana dengan Redmi Note 6 Pro? Smartphone ini datang dengan chipset Snapdragon 636 yang disokong GPU Adreno 509. Ada dua opsi RAM yang tersedia, yakni 3 GB dan 4 GB. Begitu juga dengan internal storage yang ditawarkan, yakni 32 GB dan 64 GB.

Untuk sumber dayanya, Redmi Note 6 Pro telah dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Ya! Kapasitas baterainya lebih unggul ketimbang Realme 2 Pro. Smartphone ini juga sudah mengusung antarmuka MIUI 10 berbasiskan Android 8.1 Oreo.

Kamera

Untuk urusan memotret, Realme 2 Pro dipersenjatai dual-camera belakang. Konfigurasi yang dimiliki adalah 16 MP dengan aperture f/1.7 + 2 MP dengan aperture f/2.4. Selain dukungan mode portrait, ada juga fitur lainnya, seperti Dual Pixel Fast Focusing dan EIS.

Sementara untuk memanjakan para penyuka foto selfie, Realme 2 Pro datang dengan kamera tunggal yang memiliki resolusi 16 MP dengan aperture f/2.0 plus AI Beauty. Melihat besarnya resolusi lensa yang ditawarkan, seharusnya selfie yang dihasilkan bisa terlihat lebih baik.

Beralih ke Xiaomi, Redmi Note 6 Pro juga dibekali dua kamera belakang di bagian punggungnya. Konfigurasi yang dimiliki adalah 12 MP dengan aperture f/1.9 + 5 MP dengan aperture f/2.0. Dual-camera racikan Xiaomi ini juga mampu menciptakan foto bokeh yang dramatis.

Berbeda dengan Realme 2 Pro, Redmi Note 6 Pro datang dengan dual-camera depan. Konfigurasi yang disematkan adalah 20 MP dengan aperture f/2.0 dan 2 MP yang berfungsi sebagai depth sensor untuk menciptakan foto selfie bokeh.

Sensor keamanan

Seperti yang telah disinggung di atas, Realme 2 Pro dan Xiaomi Redmi Note 6 Pro, masing-masing telah dilengkapi dengan pemindai sidik jari di bagian belakang perangkat. Tak hanya itu, keduanya juga datang dengan fitur keamanan face unlock.

Baca juga

Jadi dari semua pertimbangan di atas, mana yang kalian pilih, Realme 2 Pro atau Xiaomi Redmi Note 2 Pro? Sekadar informasi tambahan, Realme 2 Pro dipasarkan di Indonesia mulai dari harga Rp2.899.000 (4GB/64GB) dan Xiaomi Redmi Note 6 Pro dijual mulai dari harga Rp2.899.000 (3GB/32GB).

Pilih Realme 2 Pro atau Xiaomi Redmi Note 6 Pro?

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.