Connect with us
MaxM2
Featured

POLLING: Realme 2 Pro vs Xiaomi Mi A2, Duel HP Kencang Terjangkau

Selaku pendatang baru di pasar Indonesia, Realme telah memperkenalkan smartphone abrunya dengan chipset Snapdragon 660 AIE, yakni Realme 2 Pro. Sementara itu, Xiaomi sudah lebih dulu menghadirkan Mi A2 yang juga diperkuat Snapdragon 660 AIE. Dari keduanya, mana yang ingin kalian beli?

Updated

Realme datang ke pasar Indonesia membawa kejutan, yakni pabrikan smartphone bentukan OPPO ini memperkenalkan Realme 2 Pro. Jadi smartphone yang dijagokan oleh Realme di pasar Indonesia, smartphone ini telah diotaki oleh Snapdragon 660 AIE.

Sementara itu, sebelumnya juga ada pabrikan smartphone asal Cina, yakni Xiaomi yang juga memboyong smartphone dengan otak Snapdragon 660 AIE ke pasar Indonesia. Smartphone tersebut adalah Mi A2 yang merupakan generasi selanjutnya dari Mi A1.

Seperti yang kita ketahui, Realme menghadirkan Realme 2 Pro dengan varian yang beragam. Sedangkan Xiaomi hanya memboyong Mi A2 ke Indonesia dengan dukungan RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Dari kedua smartphone yang ditawarkan, mana yang kalian ingin beli?

Punya ukuran layar yang berbeda

Berbicara soal desain layar, tentu saja Realme 2 Pro terlihat lebih menarik dibandingkan Xiaomi Mi A2. Bagimana tidak! Realme 2 Pro punya layar berukuran 6,3 inci dan aspek rasionya sudah 19,5:9. Selain itu, Realme juga menyisipkan poni kecil di bagian atas layarnya dan mereka menyebutnya Dewdrop.

Sedangkan layar Xiaomi Mi A2 hanya 5,99 inci dengan aspek rasio 18:9 dan tidak punya poni. Menariknya, baik Realme 2 Pro maupun Mi A2, masing-masing sudah memiliki resolusi FullHD+. Kedua layar smartphone ini juga sudah diproteksi dengan Gorilla Glass besutan Corning.

Untuk panel belakangnya, lagi dan lagi, Mi A2 memiliki desain yang sering dipakai oleh kebanyakan smartphone Xiaomi lainnya. Dukungan dual-camera belakang diletakkan di pojok kiri atas secara vertikal, dimana LED flash diletakkan diantara kedua lensa yang ada. Ada juga dukungan fingerprint di belakang.

Berbeda dengan posisi dual-camera Mi A2, Realme 2 Pro punya dukungan dual-camera belakang yang diposisikan secara horisontal dan disebelahnya ada LED flash. Smartphone ini juga punya dukungan fingerprint yang juga diletakkan di bagian belakang perangkat.

Punya dukungan OS yang berbeda

Seperti yang telah digembar-gemborkan saat diperkenalkan pertama kali di Madrid, Spanyol pada tanggal 24 Juli 2018 lalu, Mi A2 datang sebagai penerus dari Mi A1 yang diperkenalkan tahun lalu. Sama seperti Mi A1, Xiaomi juga memperkenalkan Mi A2 sebagai smartphone Android One.

Masuk ke dalam jajaran smartphone Android One, Mi A2 pun hadir tanpa antarmuka kebanggan buatan Xiaomi, yakni MIUI. Artinya, smartphone ini datang dengan Android 8.1 Oreo murni yang terbebas dari aplikasi-aplikasi “tidak penting” bagi pengguna.

Nah! Realme 2 Pro bukan ditempatkan oleh Realme sebagai smartphone Android One. Oleh karena itu, smartphone ini datang dengan Color OS 5.2 berbasiskan Android Oreo yang merupakan antarmuka yang dikembangkan secara berkesinambungan oleh OPPO.

Punya dukungan kamera yang berbeda

Perbedaan lainnya yang sangat mencolok antara Xiaomi Mi A2 dengan Realme 2 Pro adalah dukungan kamera yang disematkan. Mi A2 punya dukungan dual-camera belakang dengan konfigurasi 20 MP + 12 MP, sedangkan dual-camera Realme 2 Pro hanya 16 MP + 2 MP.

Tak hanya dukungan dual-camera belakang yang berbeda, kamera depannya juga jauh berbeda. Mi A2 punya kamera depan dengan resolusi 20 MP plus LED flash, sedangkan Realme 2 Pro hanya dibekali kamera depan dengan resolusi 16 MP.

Meskipun memiliki dukungan dual-camera belakang dan kamera depan yang berbeda, namun baik Xiaomi maupun Realme, sama-sama melengkapi dukungan kamera yang ada dengan teknologi AI. Ya! Teknologi kecerdasan buatan ini memang masih jadi senjata “jualan” yang ditawarkan oleh keduanya.

Pakai otak Snapdragon 660 AIE

Xiaomi mengemas Mi A2 jadi smartphone kelas menengah yang dibekali chipset Snapdragon 660 AIE Octa-core dan di dalamnya sudah terintergrasi GPU Adreno 512. Sama seperti Xiaomi, Realme 2 Pro juga dipacu dengan otak yang sama.

Hanya saja, Realme datang ke Indoneia membawa pilihan RAM dan internal storage yang lebih bervariasi. Pilihan RAM yang diatwarkan adalah 4 GB, 6 GB dan 8 GB. Sedangkan pilihan internal storagenya hanya ada dua, yakni 64 GB dan 128 GB.

Seperti yang telah disinggung, Xiaomi hanya membawa Mi A2 dengan varian RAM 4 GB + ROM 64 GB. Selain itu, Mi A2 juga punya dukungan baterai sedikit lebih kecil ketimbang Realme 2 Pro, yakni hanya 3.010 mAh. Sedangkan Realme 2 Pro ditenagai baterai berkapasitas 3.500 mAh.

Penasaran dengan harga yang ditawarkan? Realme 2 Pro yang punya RAM 4 GB + ROM 64 GB dibanderol dengan harga Rp2.899.000. Sedangkan Mi A2 yang dijual di Indonesia dibanderol dengan harga Rp3.699.000. Jadi dari keduanya, mana yang kalian ingin beli?

Pilih Realme 2 Pro atau Xiaomi Mi A2

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.