Connect with us
ROG_Zephyrus_S_GX502
Tech News

Pete Lau: Jack Audio 3.5mm Hilang, Earphone Nirkabel Bisa Berkembang Cepat

OnePlus 6T yang datang pada tahun lalu hadir tanpa dukungan port jack audio 3.5mm. Sejalan dengan itu, CEO OnePlus menegaskan bahwa hilanganya port jack audio 3.5mm, bisa mempercepat pertumbungan earphone nirkabel.

Updated

OnePlus ingin menyingkirkan port jack audio 3.5mm ketika mereka bersiap-siap meluncurkan OnePlus 6. Bahkan, pernyataan tersebut mereka lontarkan jauh-jauh hari sebelum OnePlus secara resmi merilis OnePlus 6 sebagai smartphone flagship yang muncul pada bulan Mei tahun lalu.

Saat itu, OnePlus menegaskan bahwa hilangnya port jack audio 3.5mm memungkinkan mereka untuk memuat baterai yang lebih besar, bahkan dukungan sertifikasi IP-rating. Itu pun baru terbukti ketika mereka merilis OnePlus 6T di bulan Oktober 2018.

Namun, saat OnePlus meluncurkan OnePlus 6, pabrikan smartphone asal Cina ini juga memperkenalkan  OnePlus Bullets Wireless. Aksesoris ini pun menerima banyak ulasan positif dari tech-reviewer ternama karena datang dengan dukungan fitur fast charging melalui USB Type-C dan Google Assistant.

Terkait dengan hal itu, baru-baru ini Pete Lau selaku CEO OnePlus menyatakan pendapatnya tentang penghapusan port jack audio 3.5mm. Lewat akun Weibo miliknya, ia meyakini bahwa hilangnya jack audio 3.5mm akan memacu perkembangan earphone nirkabel.

Seperti setiap generasi yang berhasil dilewati oleh kita semua, teknologi pun harus berkembang menjadi lebih baik. Pete Lau pun menambahkan bahwa meskipun Bullet Wireless sangat bagus, perangkat audio besutan OnePlus tersebut bisa dibuat lebih bagus lagi.

Nah! ia pun mengakhiri postingannya dengan meminta saran dari para pengguna setia OnePlus untuk meningkatkan kemampuan Bullets Wireless yang dikembangkannya. Lantas, apakah OnePlus 7 nantinya akan datang dengan Bullets Wireless yang kemampuannya sudah ditingkatkan?

Hingga saat ini, belum ada bukti atau rumor yang menyebutkan bahwa OnePlus 7 akan meluncur bersamaan dengan earphone nirkabel terbaru, bahkan mungkin dengan earbud nirkabel. Namun keduanya diyakini akan punya kemampuan lebih baik daripada Bullets Wireless yang ada saat ini.

Qualcomm telah memperkenalkan aptX Adaptive untuk perangkat audio nirkabel. Teknologi ini menempatkan audio pada bitrate variabel yang bergantung pada kekuatan sinyal. Bitrate minimum dan maksimum aptX Adaptive lebih rendah dari bitrate aptX dan aptX HD, tetapi memiliki kualitas yang sama.

Baca juga

Teknologi ini juga dapat mendeteksi sumber audio dan secara otomatis menyesuaikan untuk experience yang lebih baik. aptX Adaptive diperkirakan akan tiba tahun ini dan tak sedikit yang berharap earphone nirkabel OnePlus berikutnya mendukung teknologi ini.

ROG_Zephyrus_S_GX502
Comments

Populer