Connect with us
Tech News

Perkuat Pasar, Tahun Depan HMD Fokus Buat Nokia Seri Atas

Di tahun ini HMD Global lebih banyak menelurkan smartphone Nokia untuk kelas menengah. Ingin lebih memperkuat posisinya, di tahun depan HMD Global justru mengubah strategi, yakni akan lebih banyak menghadirkan Nokia high-end.

Updated

“Nokia comback!” Ya, sepertinya kata singkat tersebut benar-benar menggambarkan kondisi Nokia saat ini yang berada di bawah bendera HMD Global. Bisa dikatakan, HMD berhasil membawa Nokia ke pasar smartphone global dengan merilis banyak perangkat di tahun ini.

Bahkan tak sedikit pecinta gadget yang memberikan ulasan positif terhadap beberapa smartphone Nokia Series yang lahir di tahun ini, terutama yang masuk ke dalam kelas menengah. Nah! Pada tahun depan, HMD berencana untuk membawa lebih banyak perangkat high-end alias seri atas ke pasar global.

Nokia kini memiliki posisi yang kuat di pasar kelas menengah. Hal ini disebabkan sebagian besar perangkat, seperti Nokia 5.1 Plus, Nokia 6, Nokia 7.1 Plus dan banyak perangkat lainnya, semua itu berada dalam jajaran mid range.

Kini, tahun 2019 sudah di depan mata, HMD Global juga diperkirakan telah membuat resolusi untuk di tahun depan. Salah satu resolusi yang terdengar oleh banyak pecinta gadget adalah keinginanya untuk memperkuat di pasar smartphone high-end.

Sayangnya, hingga saat ini HMD memang belum merinci secara detail mengenai perangkat high-end apa saja yang nantinya akan diluncurkan. Namun tak sedikit yang memprediksi, HMD akan menggebrak pasar global dengan melahirkan Nokia 9 Pureview.

Seperti diungkap lewat sejumlah bocoran yang mengalir deras di internet, Nokia 9 Pureview adalah smartphone yang rumornya akan dijejali dengan lima kamera belakang. Selain itu, HMD juga akan menyematkan banyak fitur menarik ke dalam smartphone ini.

Di sisi lain, untuk mengokohkan kakinya di pasar smartphone global, HMD juga akan memperluas ekosistemnya. Untuk itulah, mereka akan menginvestasikan lebih banyak uang guna mengembangkan aksesoris smartphone dan membangun layanan purna jual yang lebih andal.

Tidak tertutup kemungkinan, HMD akan juga akan meniru Xiaomi, yakni mengembangkan komunitas online. Jika ini berhasil dijalankan, diperkirakan Nokia tidak lagi bisa dipandang sebelah mata oleh kompetitornya di tahun 2020 dan selanjutnya.

Melihat hal itu, fokus HMD dalam mengembangkan Nokia kini sedikit bergeser. Untuk mencapai tujuannya, bisa dikatakan pabrikan smartphone asal Finlandia ini “menyimpang” dari fokus mereka, dari pasar yang kurang menguntungkan ke pasar yang lebih menguntungkan.

Baca juga

Disebut-sebut, Nokia juga tidak lagi memiliki rencana untuk mengembangkan fiturphone retro, seperti Nokia 3310 atau Nokia 1100. Selain itu, HMD juga akan tetap berpegang pada strategi penamaan yang sama. Jadi, mari kita tunggu bersama penawaran smartphone Nokia dari HMD di tahun 2019 nanti.

Comments

Populer