/ Apple

Performa iPhone 8 Sukses Sungkurkan Flagship Android

Apple memang merancang desain iPhone 8 dan iPhone 8 Plus tak terlalu berbeda dengan generasi iPhone sebelumnya. Meskipun begitu, performa yang dimiliki iPhone 8 dan iPhone 8 Plus tak bisa dipandang remeh.

Bahkan, DxOMark sudah menobatkan iPhone 8 sebagai smartphone yang memiliki dukungan kamera terbaik di dunia saat ini, yakni dengan skor 94. Lalu, bagaimana dengan pengujian lainnya? Apakah hasil yang sama juga bisa diraih oleh smartphone terbaru racikan Apple tersebut?

Baru-baru ini, Tom's Guide telah melakukan pengujian performa terhadap iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Pengujian itu sendiri menggunakan aplikasi Geekbench 4 dan hasilnya mungkin membuat sebagian orang terkagum-kagum.

iPhone 8 Geekbench 4

Ya! iPhone 8 Plus memiliki skor pengujian tertinggi, yakni mencapai 10.472 poin dan dinobatkan sebagai smartphone yang memiliki performa terbaik. Sementara, iPhone 8 berhasil menduduki peringkat kedua, yakni dengan skor 10.170 poin.

Bahkan, skor kedua smartphone racikan Apple ini mampu mengalahkan secara telak smartphone flagship Android lainnya, seperti Samsung Galaxy Note 8 dengan RAM 6 GB. Untuk diketahui bersama, smartphone buatan Samsung tersebut hanya meraih skor 6.564 poin.

Smartphone lainnya yang juga kalah telak dalam pengujian ini adalah OnePlus 5 dengan RAM 8 GB dan Samsung Galaxy S8 dengan RAM 4 GB. Keduanya hanya mampu meraih skor 6.542 poin dan 6.295 poin.

Tak kalah menarik, duo iPhone 8 ini juga mampu mengalahkan performa MacBook Pro 13 inci yang menggunakan prosesor Intel Core i5 dan Dell XPS 13. Masing-masing notebook tersebut hanya mampu meraih skor 9.213 poin dan 7.159 poin.

iPhone 8 3DMark

Tentu saja, keberhasilan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dalam pengujian performa kali ini sekaligus untuk membuktikan kinerja chipset A11 Bionic. Terbukti, Apple mampu meracik chipset tersebut dengan kinerja yang terbilang cepat.

Tak hanya itu, pengujian ini juga tak lepas dengan kinerja dari sistem operasi yang disematkan. Bisa dikatakan,Apple juga mampu meramu iOS 11 yang dikembangkannya lebih efesien sehingga mampu memaksimalkan kinerja hardware yang disematkan.

Seperti kita ketahui bersama, iPhone 8 hanya menggunakan RAM sebesar 2 GB dan iPhone 8 Plus memiliki RAM sebesar 3 GB. Dalam hal kinerja grafis yang terpasang di dalamnya, kedua smartphone ini juga terbilang sangat unggul.

Terlihat iPhone 8 Plus mendapatkan skor 64.412 poin dan iPhone 8 mendapatkan skor 62.532 poin dalam pengujian menggunakan 3DMark IceStorm Unlimited. Sementara itu, Galaxy Note 8 hanya mendapatkan skor 39.834 poin

Begitu juga dengan OnePlus 5 dan Samsung Galaxy S8, skor yang diraih oleh kedua smartphone ini juga kalah telak. Masing-masing hanya mampu meraih skor 39.576 poin dan 36.508 poin. Sekali lagi, hal ini membuktikan bahwa Apple mampu meramu smartphone terbaik di dunia.

(last edit: 27 September, 2017 / 8:10 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
74%
Mau
5%
Biasa Aja
8%
Payah!
19%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi

Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.