Performa iPhone 6s Sangat Mengesankan Berkat Apple A9

Apple perlahan bersiap-siap untuk mengumumkan versi upgrade dari iPhone 6, yakni iPhone 6s. Sudah ada berbagai rumor yang beredar mengenai smartphone tersebut. Namun hingga hari ini Apple belum mengonfirmasi kebenaran dari rumor yang beredar. Salah satunya adalah screenshot aplikasi Geekbench 3 yang menunjukkan bahwa iPhone 6s memiliki RAM 1 GB.

Kini, screenshot Geekbench 3 dari iPhone 6s pun kembali beredar. Namun kali ini, screenshot yang beredar menyajikan spesifikasi yang lebih detail dari iPhone 6s. Kemungkinan besar screenshot yang beredar ini merupakan spesifikasi hardware yang akan digunakan oleh Apple untuk iPhone 6s yang akan dijual di pasaran.

Berdasarkan screenshot hasil pengujian Geekbench 3 yang beredar, iPhone 6s akan datang dengan chipset Apple A9 yang ditenagai oleh prosesor triple-core dengan kecepatan 1 GHz. Berbeda dengan screenshot yang beredar sebelumnya, kali ini iPhone 6s nampak menggunakan RAM 2 GB. Bisa jadi, Apple akan merilis dua varian, yakni dengan RAM 1 GB dan RAM 2 GB.

Jika dilihat dari skor pengujian GeekBench 3 yang dihasilkan, iPhone 6s yang memiliki RAM 2 GB ini terlihat memiliki performa yang cukup impresif. Dengan chipset Apple A9 dan RAM 2 GB, smartphone ini mampu menghasilkan skor 4.577 poin untuk pengujian multi-core. Skor tersebut lebih tinggi daripada beberapa perangkat flagship Android. Sementara untuk pengujian single-core, iPhone 6s mampu menghasilkan skor 1.811 poin.

Untuk pengujian performa single-core, skor tersebut tidak jauh berbeda dengan iPhone 6 Plus. Jika skor yang dihasilkan tersebut memang benar, artinya chipset Apple A9 terbukti memiliki performa yang jauh lebih kencang jika dibandingkan dengan pendahulunya (iPhone 6).

(last edit: 16 September, 2015 / 12:00 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
54%
Mau
15%
Biasa Aja
12%
Payah!
19%
Tentang Penulis
Aqmal Maulana

Pengguna Sony Xperia Z1. Awalnya bekerja sebagai hardware reviewer di majalah CHIP Indonesia serta jurnalis di Metro TV News, Aqmal yang begitu antusias dengan perkembangan teknologi PC dan gadget.