5 Hal yang Bikin iPhone 6s Lebih Keren dari iPhone 6

Setiap kali memperkenalkan perangkat baru, Apple selalu bisa mencuri perhatian pecinta gadget. Apalagi kalau yang diluncurkan adalah iPhone, responnya seakan bisa menggemparkan seluruh dunia. Begitu pula yang terjadi tanggal 9 September kemarin, dimana Apple resmi meluncurkan iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Apa bedanya dengan iPhone 6 biasa?

Bodi lebih kokoh

iphone6sbody

Apple tidak mau mengulangi kesalahannya lagi dan dipermalukan dengan kasus bendgate (iPhone bengkok). Belajar dari kesalahannya dulu, Apple kini menggunakan material aluminium 7000 dalam membuat iPhone 6s. Material tersebut lebih kuat dibanding aluminium biasa. Namun dampaknya ketebalan iPhone 6s bertambah dari 6,9 mm menjadi 7,1 mm.

Pilihan warna tambahan

iphone6srosegold

Sebelumnya, Apple menawarkan iPhone 6 dengan tiga pilihan warna, yaitu silver, space grey, dan gold. Sedangkan untuk iPhone 6s, Apple menambah satu varian warna lainnya yang mungkin akan banyak disukai, yaitu rose gold yang terlihat seperti perpaduan warna merah dan emas. Pilihan warna baru ini mungkin akan lebih disukai oleh para pengguna wanita.

Fitur 3D Touch

3dtouchiphone6s

Inilah fitur yang begitu diunggulkan Apple dan menjadi pembeda paling terasa antara iPhone 6 dan iPhone 6s. Fitur 3D Touch awalnya digunakan pada Apple Watch. Fitur ini membuat layar smartphone dapat merespon sentuhan dengan tingkat tekanan yang berbeda. Anda bisa menyentuh, menekan pelan, atau menekan kencang layarnya untuk menjalankan fungsi yang berbeda, terasa lebih efektif dan efisien.

Peningkatan resolusi kamera

selfieiphone6s

Sejak iPhone 4, Apple setia menggunakan kamera beresolusi 8 MP dan terus berlanjut hingga iPhone 6. Meski resolusinya sama, memang terasa adanya peningkatan kualitas pada hasil kameranya. Tradisi tersebut berhenti karena Apple memutuskan untuk menggunakan kamera beresolusi 12 MP pada iPhone 6s. Resolusi kamera depannya pun turut meningkat menjadi 5 MP. Tak hanya kamera, peningkatan juga terasa pada kemampuan merekam video yang kini mampu merekam video dengan resolusi 4K pada 30fps. Kemampuan merekamnya diklaim bisa untuk kebutuhan profesional, seperti shooting video clip atau bahkan film.

Prosesor terbaru

applea9x

iPhone 6 punya prosesor yang cukup kencang, yakni Apple A8, meski masih berbasis CPU dual-core. Walaupun prosesor tersebut masih sangat mumpuni hingga saat ini, Apple tetap memperbarui sisi prosesor dengan menggunakan CPU Apple A9 pada iPhone 6s. Apple sendiri mengklaim bahwa Apple A9 punya kecepatan 70 persen lebih baik dibanding Apple A8. Apple juga mengatakan performa Apple A9 bisa disejajarkan dengan prosesor sekelas desktop PC.

(last edit: 10 September, 2015 / 8:13 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
57%
Mau
28%
Biasa Aja
7%
Payah!
8%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.