Penjualan Smartphone Xiaomi Tahun Ini Makin Merosot

Now Reading
Penjualan Smartphone Xiaomi Tahun Ini Makin Merosot

Punya nama besar dan citra yang baik di negara-negara berkembang seperti Indonesia dan India, siapa sangka Xiaomi justru makin merosot di negaranya sendiri, Cina. Berdasarkan data dari IDC (International Data Corps) untuk kuartal kedua 2016, penjualan smartphone Xiaomi turun dari 17,1 juta unit menjadi hanya 10,5 juta unit.

Di sisi lain, Huawei, OPPO, dan vivo mencatatkan peningkatan angka penjualan yang tinggi sehingga ketiganya sulit dikejar oleh Xiaomi. Di Cina sendiri, Huawei dan OPPO berhasil memimpin pasar, diikuti vivo, Apple dan Samsung. Kepemimpinan Huawei tak lepas dari merosotnya angka penjualan smartphone asing Apple dan Samsung.

Sementara bagi OPPO, kunci kesuksesannya ada pada produk R9 atau F1 Plus yang menawarkan sensasi selfie kelas atas plus teknologi VOOC Flash Charge. Belum lagi, teknik marketing OPPO dengan menggaet selebriti untuk menjadi brand ambassador juga cukup efektif.

Untuk memperbaiki posisinya, Xiaomi lantas meluncurkan produk jagoan baru seperti Redmi Pro yang membawa dua kamera utama. Strategi lain yang dilakukan yakni memangkas harga smartphone jagoannya, Mi 5. Namun usaha tersebut bakal tetap sia-sia jika Xiaomi belum memperbaiki caranya memproduksi produk.

Seperti yang kita tahu, smartphone ciptaan Xiaomi seringkali diproduksi dalam jumlah terbatas. Penjualannya pun kurang merata. Apalagi, Xiaomi nyaris tidak bisa berjualan di Indonesia karena tidak bisa memenuhi aturan TKDN dari pemerintah. Padahal pasar Indonesia menjanjikan angka yang sangat besar. Nampaknya Xiaomi butuh sedikit keajaiban untuk bisa kembali ada di peringkat tiga besar produsen smartphone terlaris di Cina.

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
14%
Mau
0%
Biasa Aja
5%
Payah!
81%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna Huawei P10. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.
2 Comments
Leave a response
  • yudianto
    September 8, 2016 at 10:55 am

    Gimana ga turun, XIAOMI kurang serius menjual produknya, terutama di Indonesia dibanding pesaingnya OPPO yang kelihatan jor2an marketingnya. Sebenarnya produk xiaomi sangat vallue for money, kalau mau serius jualan disini pasti sangat mudah utk menyaingi merk2 yg udah mapan disini.

    • Damai
      September 12, 2016 at 1:54 pm

      Jika Xiaomi sudah memenuhi tkdn di Indonesia harga dari Xiaomi tersebut pasti juga akan melambung tinggi karena dengan adanya garansi resmi harganya akan berbeda dari sekarang yg bergaransi distributor..

Leave a Response