Connect with us
UX370-JOE
Tech News

Penjualan Merosot, Warga Tiongkok Sudah Bosan Ganti Smartphone?

Droidlime.com,

/

hpcina

Lembaga riset Canalys menilai bahwa sejak tahun 2009 hingga 2016, pasar smartphone di Cina selalu berkembang dan terus tumbuh. Namun beberapa tahun belakangan ini, pertumbuhannya jauh lebih kecil.

Tercatat pada tahun 2017 lalu, untuk pertamanya kalinya penjualan smartphone di Negeri Tirai Bambu tersebut mengalami penurunan. Dibandingkan tahun 2016, perangkat yang terjual pada tahun lalu lebih sedikit.

Jika berbicara angka, Canalys mencatat bahwa pada tahun 2017 hanya sebesar 459 juta unit smartphone yang berhasil dipasarkan di Cina. Jumlahnya empat persen lebih sedikit dari jumlah smartphone yang dipasarkan pada tahun 2016.

Penuruanan yang terlihat sangat signifikan terjadi pada kuartal keempat 2017, yakni mulai dari bulan Oktober hingga Desember. Perangkat yang terjual hanya 14 persen dibandingkan total penjualan pada kuartal yang sama ditahun 2016.

Market Smartphone Cina

Memang tidak dijelaskan penyebab penurunan penjualan ini. Namun bisa jadi para penggila gadget di Cina sudah agak jenuh dengan rutinitas membeli smartphone baru. Terlebih lagi terlalu banyaknya varian smartphone di Cina bisa jadi juga menimbulkan kebingungan dalam memilih.

Lantas, siapa produsen smartphone yang berhasil menguasai pasar Cina? Canalys menilai bahwa Huawei yang berhasil menjadi “raja smartphone” di Cina. Sebanyak 90 juta unit smartphone berhasil didistribusikan oleh Huawei ditahun 2017 lalu.

Pada peringkat selanjutnya ada OPPO dan Vivo, dua pabrikan smartphone yang dikuasai oleh BBK Electonics. Diperingkat keempat diduduki oleh Apple dan Xiaomi sangat beruntung pada tahun ini berhasil masuk lima besar.

Bisa diambil kesimpulan, kuartal keempat 2017 adalah “kuartal terbaik” bagi Huawei di pasar Cina. Justru sebaliknya, pabrikan smartphone lainnya harus bisa lebih bekerja keras untuk mengejar ketertinggalannya.

Baca juga

Di sisi lain, tak dimungkiri bahwa ada juga pabrikan smartphone yang semakin “kedodoran” di pasar Cina. Sebut saja ada Meizu, Gionee, Lenovo, dan ZTE. Memang benar, jika kita perhatikan, 2017 adalah tahun yang buruk bagi mereka.

Advertisement
Comments
Tech News

Inilah Negara Pertama yang Ditunjuk Samsung untuk Memasarkan Galaxy A6

Published

on

Samsung Galaxy A6 Spek
Beberapa waktu lalu render salah satu smartphone besutan Samsung, yakni Galaxy A6 dan A6+ muncul di YouTube. Sepertinya, perangkat ini memang tak lama lagi akan digulirkan oleh Samsung dan bakal hadir untuk menyasar konsumen kelas menengah. Bahkan, detail spesifikasi hardware dari salah satu Galaxy A6 Series yang bakal diluncurkan juga ikut-ikutan muncul ke internet. Adalah Galaxy A6 yang kabarnya akan dikemas dengan layar berukuran 5,6 inci dan resolusinya hanya HD+ alias 720p+. Disebut-sebut, smartphone ini akan datang dengan chipset Exynos Octa-core dan Geekbench pun telah mengungkap bahwa itu adalah Exynos 7870. Tak ketinggalan, smartphone ini juga akan dibekali RAM sebesar...
Continue Reading
Tech News

Setelah di MWC 2018, ZTE Blade V9 Kembali Muncul di TENAA

Published

on

ZTE Blade V9 Leak
Seperti Vivo, OPPO, Huawei dan juga Xiaomi, ZTE pun tak mau berdiam diri di industri smartphone pada tahun ini. Ya! Salah satu pabrikan smartphone asal Cina tersebut sedang mempersiapkan smartphone terbarunya, Blade V9. Bahkan, smartphone ini juga pernah muncul di sela-sela gelaran MWC 2018 lalu. Sebulan lebih tak terdengar suaranya, kini Blade V9 tiba-tiba kembali muncul di TENAA. Hal ini sekaligus mengindikasikan bahwa smartphone tersebut dalam waktu dekat akan dirilis secara resmi di pasar Cina. Lewat bocoran yang terungkap, ZTE Blade V9 akan dikemas dengan layar berukuran 5,7 inci. Layaknya smartphone yang banyak bermunculan di tahun ini, Blade V9 pun...
Continue Reading
Tech News

Ayo Menerka Harga ASUS ZenFone Max Pro M1

Published

on

ASUS ZenFone Max Pro M1 2 1
ASUS secara resmi pada tanggal 23 April 2018 nanti akan memperkenalkan "amunisi" terbarunya di pasar Indonesia. Sudah diinformasikan oleh ASUS sendiri, amunisi tersebut adalah smartphone ASUS ZenFone Max Pro M1. Daya tarik dari smartphone ini, ASUS mempercayakan chipset Snapdragon 636 sebagai otak utama ZenFone Max Pro M1. Seperti kita ketahui bersama, chipset ini juga telah bercokol di dalam smartphone terbaru milik Xiaomi yang belum lama ini meluncur di pasar Indonesia, yakni Redmi Note 5. Tak hanya diklaim lebih bertenaga untuk smartphone kelas menengah, chipset ini juga menawarkan efesiensi dalam penggunaan baterai. Redmi Note 5 sendiri muncul di pasar Indonesia dengan...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer