Connect with us
ROG GL504
Tech News

Pengguna iPhone X di Cina Tuduh Apple Rasis, Kok Bisa?

Published
iPhone X Face ID Mistake
Vivo V11 Pro

Kabar kurang sedap menimpa Apple. Baru-baru ini muncul kabar bahwa pengguna asal Cina menuduh Apple rasis karena keamanan Face ID pada iPhone X miliknya tidak bisa diandalkan. Hal ini terjadi pada seorang anak laki-laki yang bisa membuka kunci iPhone X miliki ibunya, padahal ia tidak mengetahui kata sandinya.

Hal ini diungkapkan oleh sang suami yang berasal dari Shanghai. Ia mengatakan bahwa ia mendapati anaknya sedang bermain-main menggunakan iPhone X milik ibunya yang tadinya ada dalam keadaan dikunci dengan menggunakan Face ID.

Namun anak tersebut mampu membuka kunci smartphone tersebut dengan mudah hanya dengan menghadapkan wajahnya pada perangkat tanpa memasukkan password. Menurut Apple, ini merupakan kasus yang langka dan belum diketahui penyebabnya. Perusahaan raksasa dari Cupertino tersebut telah mulai menyelidiki laporan tersebut.

Hal ini pun membuat warga Tiongkok mulai khawatir dengan fitur keamanan dan privasi dari iPhone X. Sebelumnya disebutkan juga ada pengguna asal Cina lainnya yang mendapati keamanan iPhone X miliknya bisa tembus oleh orang lain menggunakan Face ID. Selang beberapa hari, terdapat juga kabar bahwa seorang pengguna wanita memiliki iPhone X yang bisa dibuka dengan mudah oleh rekannya.

Kedua wanita tersebut lalu pergi ke Apple Store dan melaporkan masalah seperti ini. Kemudian staf Apple Store menduga masalah tersebut dikarenakan adanya kesalahan yang dilakukan oleh sensor TrueDepth dan menawarkan penggantian iPhone X baru. Namun nyatanya sang rekan tetap berhasil menjebol Face ID pada iPhone X yang baru tersebut.

Baca juga

Setelah itu, wanita tersebut mencoba setiap iPhone X di Apple Store dan dapat membuka kuncinya dengan mudah. Padahal kedua wanita memiliki wajah yang berbeda (baik rambut maupun bagian lainnya). Inilah sebabnya mengapa beberapa pengguna di Cina mulai menuduh Apple melakukan rasisme. Namun kemungkinan besar ini hanyalah masalah teknis dan semoga saja Apple segera mengatasi persoalan ini dengan cepat.

Comments

Wajib baca

Populer