Pengguna Apple iOS Mulai Beralih ke Android

Pangsa pasar Apple iPhone sedikit menurun di Amerika Serikat dikarenakan lebih tingginya angka penjualan perangkat Android. Tetapi hal ini tidak terjadi di Eropa dimana angka penjualan Apple iPhone justru cukup baik. Kantar Worldpanel ComTech mengatakan bahwa meskipun Apple berhasil menjual 61,2 juta unit iPhone secara global pada kuartal terakhir, pangsa pasar iPhone di Amerika terlihat menurun.

ComScore menemukan bahwa pangsa pasar LG meningkat dua kali lipat di Amerika pada kuartal terakhir. Hal ini berhasil menempatkannya pada posisi ketiga dengan pangsa pasar 8 persen. Meski terjadi penurunan, Samsung berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 29,3 persen. Sedangkan Apple masih merajai pangsa pasar Amerika dengan angka 41,3 persen. Pertumbuhan Apple di industri smartphone sendiri lebih terlihat di luar Amerika seperti Eropa dan Asia.

ComScore juga mengatakan bahwa penjualan perangkat Android di Eropa masih setara denga Apple pada kuartal terakhir. Sementara untuk di Jerman, angka penjualan Android terbilang sangat buruk. Sementara untuk beberapa negara lainnya, pangsa pasar Android sangat memuaskan. Di Cina, perangkat Android memiliki pangsa pasar yang sangat tinggi dengan angka 79 persen.

Dominic Sunnebo, Business Director Comtech Eropa mengatakan bahwa ukuran layar merupakan faktor utama untuk para pembeli perangkat Android di Inggris, Jerman, Perancis, Italia, dan Spanyol. Meskipun Apple sudah memperbesar ukuran layar pada iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, pengguna iOS kini memiliki faktor lainnya untuk memilih sebuah gadget, seperti keandalan, daya tahan, serta kualitas material yang digunakan.

(last edit: 16 September, 2015 / 12:10 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
56%
Mau
11%
Biasa Aja
22%
Payah!
11%
Tentang Penulis
Aqmal Maulana

Pengguna Sony Xperia Z1. Awalnya bekerja sebagai hardware reviewer di majalah CHIP Indonesia serta jurnalis di Metro TV News, Aqmal yang begitu antusias dengan perkembangan teknologi PC dan gadget.