Connect with us
Tech News

Pengguna Aktif Bulanan Instagram Capai 1 Miliar

Updated

Seperti kita ketahui bersama, Instagram pertama kali hadir pada tahun 2010 dan secara eksklusif hanya ada untuk perangkat berbasis iOS. Namun tak perlu menunggu lama, yakni pada tahun 2012 akhirnya Instagram pun juga bisa dinikmati oleh pengguna perangkat berbasis Android.

Lantas, di tahun yang sama, yakni 2012 juga terjadi sebuah kejutan. Instagram diakuisisi oleh Facebook, rajanya jejaring sosial. Tak main-main, Facebook berani untuk menggelontorkan uang sekitar US$ 1 miliar hanya untuk membeli aplikasi yang dibangun oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger.

Sebelumnya, Instagram lebih dikenal sebagai aplikasi berbagi foto yang juga menyediakan bebagai filter menarik kepada penggunanya. Seiring perkembangannya, Instagram berhasil menyajikan banyak fitur baru yang menarik, termasuk Stories yang diakui disalin dari Snapchat.

Kini, Instagram mengumumkan bahwa meeka telah memiliki satu miliar pengguna aktif bulanan. Tak hanya itu, laporan lainnya juga menyebutkan pertumbuhan aplikasi mendekati 5 persen per kuartal. Tentu saja ini membuat pesaingnya, seperti Snapchat dan juga induk perusahaannya, Facebook harus bekerja keras.

Pada kuartal pertama di tahun ini, jumlah pengguna harian Instagram juga meningkat 2,13 persen atau mencapai 191 juta. Selain itu, Facebook juga melaporkan tingkat petumbuhan bulanan pi-like sebesa 3,14 persen dengan 2,196 miliar pengguna aktif bulanan.

Meskipun Facebook tidak melaporkan angka keuangan Instagram secara terpisah, eMaketer memperkirakan bahwa aplikasi tersebut menghasilkan pendapatan sebesar US$ 5,48 miliar dari iklan di tahun ini. Angka tesebut naik 70 persen dari tahun lalu.

Baca juga

Selain itu, Instagram juga dilaporkan berhasil meraih 28,2 persen dari pendapatan iklan seluler Facebook. Tentu saja, keberhasilan yang diraih oleh aplikasi yang berada di bawah kendali Kevin Systrom, selaku co-founder dan sekaligus CEO akan menjadi pundi-pundi keuangan yang menarik bagi Facebook, terutama dalam hal iklan.

Comments

Populer