Connect with us
Tech News

Paten ini Ungkap Samsung akan Garap Smartphone Lipat Mirip Mate X

Huawei Mate X punya mekanisme lipatan yang berbeda dengan Galaxy Fold buatan Samsung. Ya! Mate X memiliki lipatan keluar, sedangkan Galaxy Fold lipatannya ke dalam. Nah! Baru-baru ini ada paten Samsung yang tercatat di WIPO dan memperlihatkan desain lipatannya mirip dengan Mate X.

Updated

Samsung sudah memperkenalkan smartphone layar lipat pertamanya, Samsung Galaxy Fold. Sementara, Huawei yang sukses memanfaatkan keramaian MWC 2019, ikut memperkenalkan Mate X. Disebut-sebut, kedua smartphone ini nantinya akan dijual secara komersil mulai pertengahan tahun ini.

Seperti yang sudah kita lihat bersama, Samsung meracik Galaxy Fold dengan lipatan ke dalam. Sedangkan Huawei membuat desain yang berbeda, yakni dilipat keluar. Meski begitu, keduanya sama-sama memiliki engsel yang terbilang inovatif.

Nah! Kabar terbaru, Samsung rupanya juga punya “amunisi” smartphone lipat yang dirancang seperti Mate X. Ya! Smartphone ini memiliki lipatan keluar. Bahkan, paten Samsung yang sudah tercatat di WIPO pada bulan September 2018 menunjukkan seperti apa bentuknya.

Source: LetsGoDigital

Dari sketsa yang tersebar di internet, tampaknya smartphone layar lipat alias foldable smartphone besutan Samsung ini tetap dibuat kompak, bahkan ketika dibuka penuh. Engsel di tengah memungkinkan perangkat dapat diperluas ke mode layar penuh.

Lebih menariknya lagi, Samsung menyelipkan fitur keamanan melalui kunci slider di bagian belakang perangkat yang diklaim lebih aman ketika dalam mode smartphone. Mekanisme ini tampaknya untuk mencegah lipatan terbuka dengan sendirinya.

Meski begitu, fitur pengunci lipatan tersebut tentunya harus dilihat, bagaimana ia akan bertahan dalam penggunaan sehari-hari. Artinya, sistem pengunci ini harus benar-benar kuat karena akan sering digunakan ketika pengguna ingin berpindah dari mode smartphone ke tablet, atau sebaliknya.

Rincian mengenai komponen yang diselipkan ke dalam smartphone layar lipat ini, seperti kamera dan port belum terlihat. Oleh karena itu, sketsa ini masih harus dilihat ketika Samsung berencana untuk melangkah lebih jauh dengan desain yang berbeda daripada Galaxy Fold.

Baca juga

Lantas, kapan sketsa atau paten ini akan dimplementasikan oleh Samsung? Laporan sebelumnya mengklaim bahwa raksasa elektronik asal Korea Selatan ini akan merilis perangkat seperti itu di akhir tahun 2020. Artinya, masih lama bagi kalian bisa melihat langsung perangkat ini dalam bentuk nyata.

Comments

Populer