Connect with us
Tech News

Paten Baru ini Ungkap Desain Smartphone Lipat Racikan LG

Tak hanya Samsung, Huawei dan Xiaomi, sepertinya LG mulai fokus untuk membuat smartphone dengan layar lipat. Ya! Paten terbaru dari perangkat tersebut mulai beredar di internet dan kita pun bisa melihat desainnya secara menyeluruh.

Updated

Pada bulan Oktober 2018 lalu LG sudah mengonfirmasi bahwa mereka sedang menggarap smartphone dengan layar yang dapat dilipat. Sayangnya, LG belum sama sekali mengungkap detail apa pun terkait dengan perangkat buatannya itu.

Namun, paten baru dari pabrikan elektronik asal Korea Selatan yang juga pesaing Samsung ini telah muncul di internet. Ya! Kita pun bisa melihat secara menyeluruh, terutama desain dari smartphone LG ini yang akan dibuat dengan layar fleksibel.

Dalam patennya, smartphone ini dikatakan memiliki layar fleksibel di bagian luar. Prototype sebelumnya justru menyebutkan bahwa perangkat tersebut dikatakan punya layar yang tidak dapat diakses saat dilipat. Meski begitu, dari paten baru itu kita juga bisa melihat bahwa bezel atas dan bawahnya masih tebal.

Sedangkan bezel di sisi kiri dan kanan layar lebih ramping. Selain itu, perangkat besutan LG ini juga memiliki panel layar fleksibel yang melengkung di sisi kanan. Seperti yang diharapkan, antarmuka pengguna secara otomatis juga akan beradaptasi dengan faktor bentuk yang berbeda.

Saat dibuka, smartphone dapat digunakan sebagai tablet. Paten ini juga menunjukkan penggunaan mekanisme engsel unik yang terpasang di antara kedua bagian yang secara otomatis memanjang dari area kiri smartphone.

Di bagian tengah layar tambahan digunakan untuk menampilkan aplikasi yang sering digunakan. Paten ini juga menunjukkan pengaturan kamera, seperti matriks untuk mengambil banyak foto dari berbagai sudut. Ada juga pengaturan lainnya yang memungkinkan kamera bisa menghasilkan gambar 3D.

Namun, ini hanya paten dan tidak menjamin bahwa smartphone yang dapat dilipat itu akan mengadopsi desain seperti yang kita lihat saat ini. Tentu saja, kita juga harus kembali menunggu konfirmasi dari LG mengenai paten barunya itu.

Sebelumnya dilaporkan bahwa smartphone besutan LG yang dapat dilipat akan dipamerkan di ajang  Consumer Electronics Show (CES) 2019. Namun, pernyataan tersebut langsung dianulir dan laporan terbaru menyebutkan bahwa smartphone itu kemungkinan akan meluncur pada Q3 2019.

Selain LG, Samsung dan Huawei adalah dua pabrikan yang dipastikan akan mengerjakan smartphone dengan layar yang dapat dilipat. Baik Samsung dan Huawei, mereka berdua sedang berjuang untuk jadi yang pertama meluncurkan perangkat tersebut secara resmi.

Baca juga

Seperti yang kita tahu, Samsung pada awal November 2018 lalu telah memamerkan prototype dari smartphone layar lipat yang dikembangkannya. Ya! Bisa dibilang, Samsung sudah selangkah lebih maju jika dibandingkan Huawei dan LG. Disebut-sebut, Xiaomi pun akan memproduksi perangkat yang sama.

Comments

Populer