OS dan TouchWiz pada Samsung Galaxy S7 Habiskan Memori 8 GB

Samsung Galaxy S7 resmi mendarat di Indonesia dan menyandang smartphone Android tercepat yang tersedia di tanah air. Varian ini ditawarkan dalam dua pilihan memori (storage): 32 dan 64 GB. Seperti kebanyakan smartphone pada umumnya, kapasitas murni yang bisa Anda gunakan tentu tak sepenuhnya 32 atau 64 GB.

Hal ini terjadi karena sistem operasi dan beberapa aplikasi bawaan menghabiskan sedikit kapasitas storage smartphone secara default. Namun pada Samsung Galaxy S7, dilaporkan bahwa kapasitas storage yang dikonsumsi oleh sistem operasi dan TouchWiz mencapai 8 GB!

Bisa jadi ini disebabkan banyaknya fitur dan aplikasi bawaan yang ada pada Samsung Galaxy S7. Jika Anda membeli varian dengan storage 32 GB, maka kapasitas murni yang bisa Anda gunakan jadi hanya 24 GB, terpotong seperempatnya.

Untungnya Samsung menyediakan slot microSD pada Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge. Beberapa aplikasi bisa dipindahkan dari internal storage menuju microSD. Mungkin ini juga menjadi salah satu alasan Samsung menghadirkan kembali slot microSD setelah sebelumnya menghilang pada Galaxy S6 series.

(last edit: 4 March, 2016 / 5:31 pm)

Artikel menarik lainnya

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
7%
Mau
7%
Biasa Aja
7%
Payah!
78%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.