Connect with us
ROG GL504
Tech News

Bantah Curang, NeuroPilot AI jadi Pendongkrak Skor Benchmark OPPO F7

Published
OPPO F7 Image
Vivo V11 Pro

OPPO lewat smartphone terbarunya, OPPO F7 belum lama ini diduga telah melakukan kecurangan proses benchmarking AnTuTu. Seperti yang diungkap oleh seorang blogger asal Vietnam, bahwa OPPO F7 mampu meraih skor AnTuTu tertinggi dengan “memaksa” kerja chipset yang dimilikinya hingga batas maksimum 2 GHz.

Dan hasilnya, OPPO F7 pun mampu meraih skor tertinggi dibandingkan smartphone sekelasnya. Seperti kita ketahui, OPPO F7 hadir dengan dukungan chipset MediaTek Helio P60. Chipset ini sendiri memiliki spesifikasi yang sama dengan dua chipset milik Qualcomm, yakni Snapdragon 660 dan Snapdragon 636.

Helio P60 pertama kali diperkenalkan oleh MediaTek pada acara MWC 2018 di Barcelona. Chipset ini diproduksi dengan proses FinFET 12nm. Sedangkan Core yang dimiliki terdiri dari empat inti Cortex-A53 dan empat inti Cortex-A73 dan semuanya memiliki clock speed 2 GHz. Dukungan lainnya adalah GPU Mali-G72 MP3 800 MHz.

Terkait dengan hal ini, OPPO pun langsung mengonfirmasi bahwa mereka tidak sama sekali melakukan kecurangan terhadap pengujian AnTuTu seperti yang disangkakan oleh blogger asal Viaetnam tersebut . Hal ini bisa terjadi karena teknologi proses SoC 12nm didorong oleh NeuroPilot AI.

Dijelas oleh OPPO bahwa NeuroPilot AI ini dilengkapi dengan APU yang pada dasarnya adalah Artificial Intelligence Processing Unit. Hal ini pun memungkinkan chipset untuk memberikan kinerja yang luar biasa. Dengan begitu, F7 yang dibekali Helio P60 pun mampu bersaing dengan smartphone yang ditenagai Snapdragon 660 atau pun 636.

Tak hanya dalam pengujian AnTuTu, OPPO F7 juga unggul dalam pengujian Geekbench 4. Tercatat, OPPO F7 mampu meraih skor 5848 poin untuk multi-core. Sedangkan Xiaomi Mi 6X dengan Snapdragon 660 hanya mampu mencapai skor 4960 poin dan Xiaomi Redmi Note 5 Pro dengan Snapdragon 636 hanya meraih skor 4925 poin.

Baca juga

Namun, soal manipulasi pengujian benchmarking bukanlah hal baru di industri ini. Sebelumnya, OnePlus secara sengaja juga pernah melakukan hal yang sama pada OnePlus 5T dan mereka pun secara terbuka mengakui hal itu. Samsung bahkan juga pernah melakukan hal itu di masa lalu.

Comments

Wajib baca

Populer