/ OPPO

Harga dan Spesifikasi OPPO F5 Youth

Harga OPPO F5 Youth

Harga

Rp3.599.000

Status

Sudah di rilis (November 2017)

Bodi

156,5 x 76 x 7,5 mm, bobot 152 gram

Prosesor

MediaTek Helio P23 octa-core 2,5 GHz

GPU

Mali-G71 MP2

RAM

3 GB

Storage

32 GB, microSD up to 256 GB

Layar

LTPS 6 inci 18:9 (2.160 x 1.080 piksel)

Kamera

13 MP & 16 MP

Baterai

3.200 mAh

Sistem Operasi

Color OS 3.2 (Android 7.1)

Jaringan

Dual-SIM 4G

Konektivitas

WiFi, Bluetooth, GPS

Interface

microUSB, jack audio 3,5mm

Sensor

Fingerprint, accelerometer, gyroscope, proximity, compass

Pertengahan bulan November 2017, OPPO secara resmi telah merilis smartphone terbarunya , OPPO F5 di pasar Indonesia. Ada dua varian yang diperkenalkan, yakni OPPO F5 dan OPPO F5 6GB.

Selanjutnya, pada akhir bulan November 2017, OPPO kembali menggebrak pasar Indonesia dengan merilis varian F5 yang ketiga, yakni OPPO F5 Youth. Tak berbeda dengan dua varian sebelumnya, OPPO F5 Youth juga sudah dipersenjatai dengan teknologi AI Beauty Recognition.

Kamera depan 16 MP dengan AI Beauty

OPPO F5 Youth Selfie Camera

Jika F5 dan F5 6 GB dipersenjatai dengan kamera depan 20 MP, OPPO membenamkan lensa kamera selfie dengan resolusi lebih kecil pada F5 Youth. Namun tak ketinggalan, OPPO tetap melengkapinya dengan teknologi kecerdasan buatan alias AI Beauty Recognition.

Berbeda dari OPPO F5, smartphone yang satu ini dibekali kamera depan 16 MP dengan aperture f/2.0 dan AI (Artificial Intelligence) Beauty Recognition. Berkat teknologi tersebut, hasil kamera depannya mampu menyajikan foto selfie yang lebih bagus dan natural dibanding F3 series. Bahkan, kamera depannya juga mampu menciptakan foto bokeh secara instan.

Sementara, untuk kamera belakangnya, OPPO membenamkan lensa dengan resolusi 13 MP yang memiliki aperture f/2.2. Dukungan fitur lainnya yang melengkapi kamera utamanya adalah Phase Detection Autofocus dan LED flash.

Layar penuh 18:9

OPPO F5 Youth Design

OPPO juga mengemas F5 Youth mirip dengan dua saudara lainnya, yakni dengan bentang layar berukuran 6 inci yang memiliki resolusi Full HD+. Tak mau kalah dengan smartphone kekinian, F5 Youth juga dikembangkan dengan layar penuh yang memiliki aspek rasio 18:9.

Daya tarik lainnya, smartphone ini memiliki ketebalan hanya 7,5 mm dengan bobot seberat 152 gram. Sudah barang tentu, smartphone berbasis Android 7.1 Nougat ini masih terasa nyaman saat dioperasikan dengan satu tangan atau saat digenggam.

Fingerprint & Facial Unlock

OPPO F5 Youth Facial Unlock

Sudah mengadopsi layar penuh alias full screen, OPPO tidak lagi menempatkan tombol fisik Home yang biasanya terintegrasi dengan pemindai sidik jari di bagian depan perangkat. Untuk itu, OPPO menempatkan fitur keamanan biometrik tersebut di bagian belakang perangkat.

OPPO juga sesumbar, sensor fingerprint yang disematkan mampu membaca sidik jari pengguna lebih cepat dari OPPO F Series sebelumnya. Lantas, apakah hanya itu fitur keamanan yang disisipkan oleh OPPO ke dalam F5 Youth? Ternyata tidak.

Ya, OPPO juga membenamkan satu fitur keamanan terbaru yang tak kalah menarik. OPPO menyebutnya Facial Unlock. Sudah jelas, dari namanya fitur keamanan ini bekerja dengan memindai wajah pengguna.

Tak berbeda dengan sensor fingerprint, OPPO juga mengklaim bahwa lewat Facial Unlock, pengguna dapat membuka kunci F5 Youth lebih cepat, yakni dalam waktu 0,2 detik. Jelas, pilihan fitur keamanan ini terbilang lebih menarik dan bakal menjadi nilai jual di mata konsumen.

RAM 3 GB & baterai 3.200 mAh

OPPO F5 Youth Game

Tak hanya diperkaya dengan fitur menarik, spesifikasi hardware yang ditanam ke dalam OPPO F5 Youth juga cukup bertenaga. Ya! Produsen smartphone asal Cina ini sudah menyematkan chipset MediaTek Helio P23 octa-core ke dalam F5 Youth.

Untuk mendukung kinerja chipset yang ditanam, OPPO juga melengkapi F5 Youth dengan RAM sebesar 3 GB dan internal storage berkapasitas 32 GB yang masih bisa di-expand via microSD hingga mencapai 256 GB.

Tak ketinggalan, OPPO juga melengkapi F5 Youth dengan baterai berkapasitas 3.200 mAh. Sayangnya, baterai yang ditanam tak dilengkapi dengan fitur VOOC Flash untuk pengisian super cepat. Dengan begitu, pengguna perlu sedikit bersabar saat melakukan pengisian ulang baterai.

ColorOS 3.2 (Android 7.1 Nougat)

OPPO F5 Youth ColorOS 32

OPPO F5 Youth sudah menjalankan interface ColorOS 3.2 berbasis Android 7.1 Nougat. Fitur yang ditanam ke dalam interface terbaru ini juga sangat beragam, seperti mode split screen yang memungkinkan pengguna membuka dua aplikasi dalam satu layar.

Fitur lainnya yang juga tak kalah menarik adalah Night Shield. Fitur ini bekerja dengan cara mengurangi efek sinar biru yang dipancarkan oleh layar sehingga membuat mata pengguna tetap nyaman meskipun menggunakan F5 Youth dilingkungan minim cahaya.

Tak hanya itu, berkat dukungan ColorOS 3.2, OPPO juga menyematkan fitur O-Share. Fitur ini sangat mirip dengan SHAREit, yakni untuk bertukar data atau file hanya dengan menggunakan jaringan WiFi Direct.

Harga OPPO F5 Youth di Indonesia

Fitur sudah digali, begitu juga dengan spesifikasi hardware yang dibenamkan ke dalam OPPO F5 Youth. Pertanyaannya, berapa harga smartphone ini di pasar Indonesia? Tersedia dalam pilihan warna Black dan Gold, OPPO F5 Youth dibanderol dengan harga Rp3.599.000.

(last edit: 3 December, 2017 / 3:45 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
53%
Mau
12%
Biasa Aja
16%
Payah!
19%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi

Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.