OPPO dan vivo Berhasil Jungkalkan Xiaomi dan Lenovo

Meski terlihat cukup agresif dengan merilis beberapa varian smartphone terbarunya, dua produsen smartphone besar asal Cina, yakni Xiaomi dan Lenovo harus menelan pil pahit. Keduanya harus rela terlempar dari daftar lima produsen smartphone terbesar di dunia.

Uniknya, kedua perusahaan asal Cina tersebut digeser oleh dua perusahaan asal Cina lainnya. Adalah OPPO dan Vivo yang berhasil menggeser Xiaomi dan Lenovo. Padahal OPPO dan vivo tergolong pemain baru di industri smartphone.

Seperti kita ketahui, OPPO dan vivo tak hanya piawai menciptakan smartphone canggih dan inovatif, tapi juga gencar melakukan promosi. OPPO belakangan naik daun dengan kehadiran OPPO R series dan F series. Sementara smartphone jagoan vivo, yakni Xplay 5 Elite bahkan digunakan di film Captain America: Civil War.

Berdasarkan data dari IDC, Samsung, Apple, dan Huawei masih bercokol di posisi tiga besar dengan marketshare masing-masing 24,5 persen, 15,3 persen, dan 8,2 persen. OPPO menguntit di posisi keempat dengan marketshare 5,5 persen diikuti vivo di posisi kelima dengan marketshare 4,3 persen.

(last edit: 29 April, 2016 / 7:14 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
48%
Mau
5%
Biasa Aja
27%
Payah!
20%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.