Connect with us
UX370-JOE
Tech News

Opera Mini Sediakan Fitur Anti Bajak Cryptojacking di Smartphone

Droidlime.com,

/

Cryptojacking Opera Cryptocurrency

Penambangan cryptocurrency atau uang digital saat ini sedang marak terjadi. Sayangnya, disinyalir ada yang melakukan aktivitas ini secara ilegal. Seperti yang dilaporkan oleh Opera, tak sedikit para penambang memanfaatkan sumber daya perangkat orang lain untuk mengambil keuntungan.

Opera menyebut proses penambangan cryptocurrency ilegal ini dengan sebutan cryptojacking. Diperkirakan gejala ini memengaruhi lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia. Akibatnya, perangkat mereka menjadi mudah panas, bekerja lambat, dan menguras baterai.

Tak hanya mengincar perangkat dalam bentuk PC desktop, para pelaku cryptojacking ini juga mengincar perangkat mobile, seperti smartphone dan juga tablet. Jadi orang lain bisa memanfaatkan smartphone kita untuk menambang uang digital miliknya. Terkait hal itu, Opera memiliki solusi yang cukup efektif untuk mencegah cryptojacking.

Ya, aplikasi browser yang dikembangkan oleh Opera telah disisipkan fitur keamanan terhadap aksi penambangan cryptocurrency ilegal. Tak hanya pada browser yang tersedia untuk PC desktop, Opera juga sudah menghadirkan fitur tersebut ke dalam Opera Mini dan Mobile.

Lantas, bagaimana fitur keamanan ini bekerja? Fitur baru perlindungan terhadap cryptojacking akan langsung aktif ketika fungsi ad-blocker yang ada di dalam aplikasi Opera Mini dan Opera Mobile diaktifkan.

Fitur ad-blocker sendiri bisa dapat diaktifkan oleh pengguna lewat menu “Setting” dan akan secara langsung mengenali serta menghentikan script penambangan yang tertanam di dalam coding sebuah website.

Solusi lainnya, Opera juga menghadirkan satu situs khusus untuk memeriksa, apakah aplikasi Opera Mini atau Opera Mobile yang kalian gunakan bebas dari aksi cryptojacking atau tidak, Anda bisa mengakses www.cryptojackingtest.com.

Perlu Anda ketahui, bahwa script penambangan cryptocurrency ilegal dapat meningkatkan penggunaan CPU di smartphone hingga 100 persen. Akibatnya, baterai yang tertanam di smartphone bisa cepat terkuras dan perangkat akan terasa cepat panas.

Opera sendiri juga memperkirakan, pada saat ini ada lebih dari tiga juta website yang rawan terhadap aksi cryptojacking. Oleh sebab itu, produsen aplikasi browser asal Norwegia ini memiliki inisiatif untuk menghadirkan perlindungan ekstra terhadap penggunanya.

Baca juga

Dengan memblokir scripts penambangan, Opera memastikan bahwa smartphone pengguna tetap berjalan dengan lancar. Tak hanya itu, perangkat tersebut juga akan memiliki baterai yang cukup untuk menjalankan beberapa aplikasi lainnya yang lebih penting.

Advertisement
Comments
Tech News

OnePlus 6 akan Dibanderol Sekitar Rp8,4 Jutaan

Published

on

OnePlus 6 Leak
Tidak lama lagi OnePlus akan merilis smartphone andalannya ditahun ini yang digadang-gadang akan menjadi suksesor OnePlus 5T, yakni OnePlus 6. Bahkan beberapa minggu belakang ini, bocoran mengenai smartphone tersebut sudah ramai dibicarakan di internet. Bisa dibilang, OnePlus tak hanya menjanjikan untuk menghadirkan OnePlus 6 dengan bahasa desain yang katanya lebih baru, tetapi juga spesifikasi yang lebih berbobot. Bahkan OnePlus beberapa kali memberikan teaser bahwa smartphone ini nantinya masih akan menawarkan kecepatan sebagai senjata utamanya. Kabar terbaru yang juga beredar di internet, disebut-sebut OnePlus 6 akan diperkenalkan pada tanggal 18 Mei 2018. Namun yang cukup mengagetkan adalah info soal tempat peluncurannya...
Continue Reading
Tech News

Wow! Honor 10 Dijual Lebih Murah dari Honor View 10

Published

on

Honor 10 Launch
Honor baru saja mengumumkan smartphone terbarunya yang ditunggu-tunggu banyak penggemarnya, Honor 10. Satu hal yang menarik, smartphone ini dijual dengan harga sedikit lebih murah dibandingkan Honor View 10 dan sudah ditawarkan secara pre-order untuk pertama kali di pasar Cina. Honor 10 dikemas dengan layar berukuran 5,84 inci dan seperti kebanyakan smartphone yang muncul di awal tahun ini, Honor 10 juga memiliki poni di bagian atasnya. Sedangkan layarnya sendiri masih mengusung teknologi IPS LCD dengan resolusi FullHD+ dan aspek rasio 19:9. Meski mengusung layar penuh, Honor tetap memuat sensor pemindai sidik jari di bawah layar. Tentu saja, ini mirip dengan kebanyakan...
Continue Reading
Tech News

LG Persiapkan V40 dengan Codename Storm

Published

on

LG V40 Twitter 2
LG saat ini sedang sibuk mempersiapkan smartphone unggulan terbarunya, LG G7 ThinQ. Rencananya, smartphone ini akan diperkenalkan oleh LG pada tanggal 2 Mei 2018 di pasar Amerika Serikat dan pada tanggal 3 Mei 2018 di pasar Korea Selatan. Bersamaan dengan kedatangan LG G7 ThinQ, kabarnya LG juga akan memperkenalkan LG ThinQ V35. Tentu saja ini sebuah kabar menarik yang akan ditawarkan oleh LG untuk penggila gadget, terutama bagi mereka yang menunggu-nunggu perangkat unggulan dari LG yang hadir di tahun ini. Namun ada satu kabar yang tak kalah menarik. Ya! Pabrikan elektronik asal Korea Selatan yang juga menjadi kompetitor Samsung ini...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer