/ OnePlus

OnePlus Diduga Kembali Curang pada Benchmark OnePlus 5

Lagi-lagi OnePlus tertangkap melakukan kecurangan pada benchmark untuk mencapai performa tertinggi di kelas Android. Dari hasil investigasi XDA-Developers, ditemukan mekanisme kecurangan pada OnePlus 5.

Dilansir dari GSMArena, ketika benchmark terdeteksi, OnePlus 5 mengunci cluster "kecil" dari chipset Snapdragon 835 pada clockspeed paling tinggi 1,9 GHz. Ini bukan overclock, melainkan menonaktifkan thermal throttling. Adapun untuk cluster besar tidak terpengaruh hal ini. Itu cukup untuk mendorong hasil benchmark multi-core mereka.

op5 cheat

Kecurangan ini mampu membuat prosesor Snapdragon 835 yang bekerja di OnePlus 5 berjalan pada kecepatan 1,9 GHz selama 95 persen durasi pengujian. Ketika kecurangan itu dinonatkfikan, prosesor ini akan berjalan pada kecepatan 1,9 GHz, hanya menghabiskan waktu seperempatnya, yaitu 24 persen.

Menariknya, pada aplikasi benchmark khusus CPU saja, seperti pada Geekbench, OnePlus tidak lebih cepat panas. Ketika benchmark GPU dijalankan, panasnya baru semakin tinggi dimana bagian belakang smartphone bersuhu 50 derajat Celcius.

OnePlus pun memberikan pernyataan resmi mengenai dugaan kecurangan ini. Mereka mengatakan bahwa cara ini dilakukan untuk menampilkan potensi kinerja OnePlus yang sebenarnya. Sebelumnya, OnePlus juga diduga melakukan kecurangan pada OnePlus 3T.

(last edit: 22 June, 2017 / 8:25 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
19%
Mau
1%
Biasa Aja
7%
Payah!
77%
Tentang Penulis
Yasser Arafat

Pengguna ASUS ZenFone 2 dan Samsung Galaxy J1 Ace. Mengawali karier sebagai jurnalis untuk Koran Joglosemar dan inilahkoran.com.