OnePlus dan Meizu Ketahuan Curangi AnTuTu dan Geekbench

Baru-baru ini muncul kabar heboh mengenai OnePlus dan Meizu karena kedua vendor ini ketahuan mencurangi hasil tes benchmark dari aplikasi AnTuTu dan Geekbench. Smartphone buatan OnePlus dan Meizu bisa mendeteksi saat pengujian berlangsung sehingga akan meningkatkan kecepatan prosesor di atas kecepatan aslinya agar mendapatkan skor benchmark yang tinggi.

Tak tinggal diam, OnePlus pun memberikan pembelaan bahwa peningkatan performa tersebut tak hanya terjadi saat benchmark, tapi juga saat pengguna bermain game dengan grafis kelas berat. Berkat hal ini dapat membuat prosesor berjalan dengan lebih cepat dan skor benchmark yang dihasilkan pun jadi sangat tinggi, terutama pada AnTuTu dan Geekbench.

Kecurangan ini hampir sama seperti yang pernah terjadi pada smartphone besutan Samsung. Karenanya, saat itu Galaxy S5 bisa menghasilkan skor AnTuTu yang sangat besar sehingga jadi yang teratas dalam jajaran smartphone flagship versi AnTuTu. Selain itu, NVIDIA dan HTC dikabarkan juga pernah mencurangi hasil benchmark dengan mempercepat kinerja prosesor pada saat pengujian.

Tentu saja dengan beredarnya informasi kecurangan ini dapat menurunkan reputasi OnePlus 3 dan OnePlus 3T yang dikenal memiliki performa bertenaga. Namun hasil skor benchmark dari AnTuTu dan Geekbench sejatinya bukanlah satu-satunya acuan untuk menilai kinerja sebuah smartphone. Seperti Google Pixel contohnya yang memiliki skor lebih rendah dari OnePlus 3T, namun performanya sangat bertenaga dan tidak memiliki lag ketika memainkan game berat.

OnePlus mengatakan bahwa mereka akan memperbaiki kecurangan ini dengan merilis update sistem operasi terbaru OxygenOS. Dengan begitu, kecepatan prosesor pada OnePlus 3 dan OnePlus 3T tak akan melebihi kecepatan aslinya saat benchmark berlangsung. Hal ini juga dilakukan untuk menetralisir tuduhan kecurangan yang dialamatkan kepada OnePlus.

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
10%
Mau
2%
Biasa Aja
8%
Payah!
82%
About The Author
Mohamad Fahmi
Pengguna Huawei Mate 9. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.
3 Comments
Leave a response

Leave a Response