OnePlus 5 vs iPhone 7 Plus, Duel Flagship Berwajah Identik

OnePlus 5 resmi terlahir pada 20 Juni lalu. Sejatinya, smartphone ini diluncurkan untuk melengserkan sederet smartphone flagship lain seperti Samsung Galaxy S8, LG G6, HTC U11, atau Sony Xperia XZ Premium. Namun, dari sederet smartphone flagship itu, kami lebih tertarik untuk membandingkannya dengan iPhone 7 Plus.

Dengan desain yang mirip, secara tidak langsung OnePlus telah menantang performa dan kualitas iPhone 7 Plus. Lalu secara keseluruhan, siapa yang lebih baik dan mana yang lebih layak dipilih? Temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Desain

op5 ip7 02

Serupa tapi tapi tak sama. Mungkin kata itulah yang cocok untuk mendeskripsikan dua smartphone ini. Lebih dulu hadir, iPhone 7 Plus menggunakan bahan aluminium yang kuat. Sisi demi sisi dibuat membulat untuk memberikan kenyamanan yang lebih kepada pengguna.

iPhone 7 Plus juga memiliki desain yang tipis dengan dimensi 158,2 x 77,9 x 7,3 mm. Namun, bobotnya tergolong berat mencapai 188 gram. Di bagian belakang ada dual-camera dan garis antena. Sementara di bagian depan ada tombol home kapasitif yang juga berfungsi sebagai Touch ID atau pemindai sidik jari.

Sedangkan, OnePlus 5 juga datang dengan bahan aluminium yang kokoh. Dengan dimensi 154,2 x 74,1 x 7,25 mm dan berat 153 gram, smartphone ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari iPhone 7 Plus. Sama seperti pesaingnya itu, bagian belakang OnePlus 5 memuat dual-camera dan garis antena, dimana bentuk dan peletakannya mirip. Pun begitu pada sisi depan ada tombol home kapasitif sekaligus sensor fingerprint.

Lalu mana yang lebih baik? Karena lahir lebih dulu, desain iPhone 7 Plus pastinya lebih orisiniol ketimbang OnePlus 5. Walaupun, harus diakui desain OnePlus 5 lebih compact dibanding iPhone 7 Plus. Overall, keduanya sama-sama memiliki desain yang berkelas. Kami menilai, iPhone 7 Plus lebih elegan. Namun OnePlus 5 lebih enak di tangan dan kantong.

Layar

op5 ip7 03

Mari kita beralih ke sisi layar untuk membahas tampilannya. Seperti yang kita ketahui, iPhone 7 Plus menggunakan layar IPS Full HD dengan ukuran 5,5 inci. Dengan kerapatan layar hingga 401 ppi, iPhone 7 Plus menawarkan tampilan yang tajam. Sedangkan OnePlus 5 menggunakan layar Optic AMOLED berukuran 5,5 inci juga dengan resolusi Full HD.

Dengan kerapatan layar yang sama, kami menilai panel Optic AMOLED yang disematkan pada OnePlus 5 membawa kualitas yang lebih baik. Terlihat dari kualitas warna yang dihasilkan oleh layar OnePlus 5 lebih hidup dan terkesan solid. Jadi untuk sisi tampilan layar, kami lebih condong ke OnePlus 5.

Kamera

op5 ip7 04

iPhone 7 Plus menyematkan dual-camera belakang beresolusi 12 MP dengan teknologi 2x optical zoom. Sementara untuk kamera depan, iPhone 7 Plus menggunakan kamera beresolusi 7 MP dengan bukaan f/2.2. Kita tahu, kualitas kamera iPhone 7 Plus sangatlah baik.

Tak mau kalah dari iPhone 7 Plus, OnePlus 5 juga menyematkan dual-camera belakang beresolusi 16 MP dan 20 MP dengan teknologi 1,6x optical zoom. Sementara untuk kamera depan, OnePlus 5 menggunakan kamera beresolusi 16 MP. Sejatinya, dual-camera belakang iPhone 7 Plus dan OnePlus 5 memiliki konfigurasi dan fitur yang mirip.

Secara kualitas keduanya juga sama-sama kece. Namun, untuk perekaman video, harus diakui iPhone 7 jauh lebih baik dari OnePlus 5. Pasalnya iPhone 7 Plus sudah dibekali fitur OIS, sementara OnePlus 5 hanya sebatas EIS saja. Jadi, untuk kamera belakang kami rasa iPhone 7 Plus masih lebih unggul dari OnePlus 5.

Performa

op5 ip7 05

Untuk spesifikasi, iPhone 7 Plus diotaki chipset Apple A10 yang didukung dengan RAM 2 GB dan memori internal 32/128/256 GB. Sementara OnePlus 5 menggunakan chipset Snapdragon 835 dan RAM 6/8 GB serta memori internal 64/128 GB. Dengan spesifikasi yang lebih gahar, OnePlus 5 berhasil menyalip kecepatan dan performa iPhone 7 Plus.

Hal ini terbukti dari skor Antutu Benchmark OnePlus 5 yang lebih tinggi dari iPhone 7 Plus. Walaupun sebenarnya, skor AnTuTu tak bisa dijadikan patokan utama dan membandingkan smartphone dengan OS berbeda kadang tak seimbang. Bagaimana pun juga, bicara kecepatan dan multitasking, jelas OnePlus 5 lebih unggul.

Lantas, apakah iPhone 7 Plus benar-benar kalah di sektor performa? Jawabannya jelas tidak. Perlu diingat kalau Apple memiliki API Metal untuk mendongkrak performa gaming-nya. Kami pun sudah membuktikan hampir di seluruh judul game yang sama, kualitas visual iPhone 7 Plus lebih baik. Pada game Asphalt Street Storm misalnya, ada efek cipratan air yang hanya bisa dilihat pada iPhone 7 Plus.

Harga

Kita tahu Apple selalu mematok harga yang mahal untuk smartphone buatannya. Di sisi lain OnePlus 5 adalah smartphone termahal buatan OnePlus. Lalu mana yang lebih mahal? Jawabannya masih iPhone 7 Plus. Meski sudah rilis setahun yang lalu, harga iPhone 7 Plus masih melambung tinggi di atas Rp12 jutaan.

Kami yakin sebelum kedatangan iPhone 8 nanti, harga iPhone 7 Plus tak akan berubah. Sementara, OnePlus 5 dijual dengan harga kisaran Rp7-8 jutaan. Jadi, dengan spesifikasi yang lebih kencang, OnePlus 5 memiliki harga yang lebih menarik dari iPhone 7 Plus. Karena kita tahu, harga smartphone Android rata-rata memang lebih terjangkau dibanding harga smartphone berlogo apel.

(last edit: 15 July, 2017 / 1:23 pm)

Artikel menarik lainnya

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
62%
Mau
5%
Biasa Aja
18%
Payah!
15%
About The Author
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.