OnePlus 3 Vs OnePlus 3T, Apa Saja Perbedaannya?

Tak butuh waktu lama bagi OnePlus untuk merilis versi terbaru dari OnePlus 3. Ya, One Plus 3T telah hadir sebagai penerus One Plus 3. Dengan embel-embel "T", smartphone ini datang dengan beberapa peningkatan. Perbedaan mencolok terletak pada prosesor yang digunakan.

One Plus 3 menggunakan Snapdragon 820, sementara One Plus 3T menggunakan Snapdragon 821. Lalu apakah One Plus 3T benar-benar lebih baik? Untuk mengetahuinya mari kita bandingkan kedua smartphone ini dari beberapa sisi.

Desain

op3 vs

Kedua smartphone ini memiliki desain yang sangat identik. Hampir tidak ada perubahan yang OnePlus berikan pada OnePlus 3T. OnePlus masih mempertahankan desain smartphone yang tidak terlalu tipis namun juga tidak terlalu tebal. Ya, kedua smartphone ini memiliki ketebalan 7,4 mm dengan bobot 158 gram. Meski begitu, agar konsumen tidak bosan, One Plus memberikan pilihan warna baru, yakni Gunmetal dan Gold pada One Plus 3T.

Baterai

op3

Dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh, OnePlus 3 adalah smartphone dengan daya tahan baterai yang baik. Untuk meningkatkan kualitas baterainya, OnePlus menambah kapasitas baterai pada OnePlus 3T menjadi 3.400 mAh. Meski tak berbeda jauh, OnePlus 3T punya screen-on-time lebih lama antara setengah hingga satu jam ketimbang OnePlus 3. Selain itu, smartphone ini juga sama-sama memiliki fitur Dash Charge yang memungkinkan pengisian daya super cepat.

Layar

op3 0

Di sisi layar, tidak ada hal yang bisa dibandingkan dari kedua smartphone ini. Sebabnya tidak ada peningkatan yang OnePlus berikan. Penting untuk diketahui, OnePlus 3 dan OnePlus 3T sama-sama menggunakan layar bersolusi 1.920 x 1.080 piksel bertekologi Optic AMOLED yang menawarkan warna-warna cerah dan smooth, serta warna hitam super pekat.

Software

oxygen

Kedua smartphone ini sama-sama menggunakan UI kebanggaan OnePlus, yakni Oxygen OS berbasis sistem operasi Android 6.0 Marshmallow. Sedikit mengecewakan memang, karena banyak yang berharap OnePlus 3T datang dengan sistem operasi Android Nougat. Tapi beberapa pengguna OnePlus 3 dan OnePlus 3T sudah ada yang kebagian update Android 7.0 Nougat yang sudah digulirkan sejak awal Januari kemarin.

Kamera

op3 03

Meski kita tidak menjumpai perbedaan pada sisi layar, kita bisa menemukan perbedaan yang mencolok pada sisi kamera. Pertama-tama, mari kita bandingkan kamera utama dari kedua smartphone ini. Keduanya sama-sama menggunakan kamera beresolusi 16 MP dengan bukaan f/2.0, yang mana keduanya sama-sama jago dalam urusan memotret gambar di kondisi gelap atau minim cahaya.

Meski begitu ada beberapa teknologi khusus yang OnePlus hadirkan pada kamera OnePlus 3T. Mereka menyebutnya dengan istilah “Intelligent Pixel Technology”. Teknologi ini bekerja untuk mengurangi noise saat mengambil foto. Selain itu, meski sama-sama menggunakan sensor buatan Sony, OnePlus 3T memiliki image stabilization yang jauh lebih baik ketimbang OnePlus 3.

Berikutnya, mari kita bandingkan kamera depan dari smartphone ini. OnePlus 3 menggunakan kamera depan 8 MP dan OnePlus 3T menggunakan kamera depan 16 MP. Setelah kami coba, kualitas kamera depan OnePlus 3T terbukti lebih unggul. Ditambah lagi, kamera depan OnePlus 3T juga sudah dilengkapi dengan fitur ‘smile to capture’ yang dapat mengambil foto secara otomatis ketika Anda tersenyum. Intinya, dengan resolusi dua kali lebih baik, kamera depan OnePlus 3T adalah salah satu yang terbaik saat ini.

Harga

Masalah harga sudah jelas OnePlus 3T lebih mahal dari saudara tuanya OnePlus 3. OnePlus 3 dijual dengan harga US$400, sedangkan OnePlus 3T dijual dengan harga US$440. Jadi, keduanya memiliki selisih harga sekitar US$40 saja. Yang jelas, harga OnePlus 3T masih tergolong masuk akal mengingat adanya peningkatan di sisi prosesor, baterai, dan kamera depan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan sudah jelas OnePlus 3T lebih baik ketimbang OnePlus 3. Walapun, menurut kami tidak ada peningkatan yang drastis yang disuguhkan oleh OnePlus pada OnePlus 3T. Perbedaan yang mencolok hanya terletak pada sisi kamera, baterai, prosesor, dan pilihan kapasitas 128 GB saja. Jika Anda adalah tipe orang yang jarang berganti smartphone dan saat ini sudah menggunakan OnePlus 3, kami sarankan untuk menunggu rilisnya OnePlus 4 ketimbang membeli OnePlus 3T.

(last edit: 12 January, 2017 / 5:52 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
76%
Mau
5%
Biasa Aja
16%
Payah!
3%
About The Author
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.