Nostalgia, Inilah 5 Gadget Canggih yang Tersingkir oleh Smartphone

Now Reading
Nostalgia, Inilah 5 Gadget Canggih yang Tersingkir oleh Smartphone

Banyaknya smartphone yang dirilis menandakan bahwa manusia sudah begitu membutuhkannya untuk menjalankan berbagai rutinitas harian. Fakta membuktikan, smartphone dan tablet berhasil membuat industri desktop PC tersungkur. Beruntung, industri notebook masih bisa terselamatkan, meski jumlah pengguna notebook terus berkurang.

Selain desktop PC dan notebook, masih ada beberapa perangkat lainnya yang menjadi korban keganasan serbuan smartphone. Perlahan tapi pasti, fungsi utama perangkat tersebut sudah mulai tergantikan atau bahkan terlupakan karena adanya smartphone. Berikut daftarnya.

Handheld (portable console)

psp

Anda tentu masih ingat bagaimana handheld bernama PlayStation Portable, atau biasa disebut PSP begitu berjaya. PSP ditemani Nintendo DS menjadi gadget wajib untuk kebutuhan gaming yang sifatnya portabel, bisa dibawa dan dimainkan dimana saja.

Kini dengan adanya smartphone dan tablet yang bisa dijadikan perangkat untuk bermain game, otomatis membuat handheld perlahan dilupakan. Handheld terbaru seperti PlayStation Vita sekalipun ikut tersungkur. Belum lagi, banyaknya game menarik dan gratis yang tersedia di Google Play dan Apple Store semakin memperparah keadaan.

Global Positioning System (GPS)

gps

Buat yang tidak tahu atau sulit menghafal jalan, GPS menjadi alat yang bisa diandalkan. GPS berfungsi untuk menunjukkan peta suatu kota lengkap dengan arahan jika kita ingin bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Namun kini modul GPS bisa disematkan ke dalam smartphone. Bahkan hampir semua smartphone sudah dilengkapi dengan modul GPS di dalamnya. Ditambah lagi ketersediaan aplikasi pendukung seperti Google Maps, Apple Maps, Waze, Here Maps, dan yang lainnya semakin membuat perangkat GPS terpuruk.

Kamera saku digital

digicam

Dahulu orang-orang lebih memilih untuk menggunakan kamera saku digital sebagai teman setia ketika bepergian. Dengan ukuran kompak dan resolusi yang besar, kamera saku digital sangat praktis digunakan. Seiring semakin canggihnya kamera smartphone, keberadaan kamera saku digital semakin sulit ditemui. Keadaan diperparah dengan tren meng-upload foto ke media sosial langsung dari smartphone, bukan mencetaknya, sehingga membuat kamera saku digital semakin mudah dilupakan.

MP3 player

mp3player

Masih adakah yang mendengarkan musik menggunakan pemutar musik khusus seperti Mp3 player? Tentu masih ada! Namun lagi-lagi, kini jumlahnya pasti sudah berkurang drastis. Pemutar musik seperti Walkman atau iPod saja kemungkinan besar yang masih bisa bertahan hingga sekarang. Pasalnya ketersediaan storage besar serta kemampuan memutar musik yang andal sudah cukup untuk membuat kita nyaman mendengarkan musik di smartphone.

Kalkulator

kalkulator

Alat menghitung digital yang satu ini setidaknya biasa ditemui di berbagai toko. Meski masih ada toko yang mengandalkan fungsi kalkulator, bisa dipastikan jumlahnya terus berkurang. Hal ini dikarenakan banyaknya aplikasi kalkulator dengan fitur lengkap yang tersedia untuk smartphone. Tidak sekadar menghitung biasa, perhitungan dengan rumus pun bisa dilakukan menggunakan aplikasi kalkulator di smartphone.

Lihat Juga Review
 
Review Acer E5-553G
 
Review Moto E3 Power
 
Review Vivo Y55
 
Review Lenovo Yoga 500
Bagaimana menurut Anda?
Keren!
66%
Mau
3%
Biasa Aja
20%
Payah!
11%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna iPhone 7 dan ASUS ZenFone 3. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.

Leave a Response