Nokia 230 Resmi Dirilis untuk Pencinta Ponsel Jadul

Microsoft adalah spesialis produsen smartphone untuk platform Windows Phone. Fakta ini terjadi setelah perusahaan IT asal Amerika Serikat tersebut resmi mengakuisi Nokia. Di lain sisi, Nokia yang pernah menjadi produsen ponsel terbesar di dunia kini hanya fokus menciptakan feature phone saja.

Di era perangkat serba pintar dan persaingan sengit antar produsen smartphone, Nokia justru baru saja merilis ponsel paling baru miliknya, Nokia 230. Perangkat yang satu ini mungkin kurang tepat jika disebut smartphone. Pasalnya, spesifikasi, sistem operasi, dan kemampuannya tak mampu melawan smartphone dengan OS Android, iOS, atau Windows Phone.

Nokia 230 adalah ponsel jadul nan klasik. Jadul di sisi hardware serta klasik di sisi desain. Ponsel ini berbentuk candybar dengan material aluminium, punya layar 2,8 inci 240 x 320 piksel. Kapasitas RAM-nya hanya 16 MB, mungkin masih mencukupi untuk menjalankan Symbian 30+ yang diusungnya.

Dukungan jaringan yang dimilikinya sangat terbatas, hanya mendukung 2G dan Bluetooth 3.0. Kameranya pun hanya 2 MP. Ya, ada dua kamera, satu di depan dan satu di belakang, keduanya beresolusi 2 MP dilengkapi LED flash. Dengan segala yang ditawarkan, Nokia 230 dibanderol US$55.

(last edit: 26 November, 2015 / 5:53 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
70%
Mau
7%
Biasa Aja
9%
Payah!
15%
Tentang Penulis
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.