/ Nokia

Nokia Kepincut Gunakan Prosesor Racikan Xiaomi

Pada bulan Februari 2017 lalu Xiaomi mengumumkan kehadiran prosesor buatannya sendiri yang diberi nama Surge S1. Bisa dibilang, prosesor yang satu ini memiliki performa hampir sama dengan dengan Snapdragon 625 buatan Qualcomm. Perlu kita ketahui bersama, smartphone pertama yang menggunakan Surge S1 adalah Xiaomi Mi 5c.

Kabar terbaru yang saat ini menjadi pembicaraan banyak pengamat gadget di dunia maya adalah keinginan Nokia untuk mengadopsi Surge S1 ke dalam smartphone terbarunya. Dugaan ini juga diperkuat dari bocoran seorang leakster dengan akun @Reviewer di situs microbloging Weibo.

Dikabarkan bahwa Xiaomi dan Nokia akhir-akhir ini memang secara intensif telah melakukan pembicraan. Banyak hal yang dibicarakan, salah satunya Xiaomi berencana menggunakan paten milik Nokia untuk dapat menembus pasar di luar Cina, seperti Amerika Serikat dan beberapa beberapa negara lainnya.

Sebagai kompensasinya, Nokia tergiur untuk menggunakan Surge S1 yang memiliki harga produksi lebih terjangkau, namun juga memiliki perfoma yang lebih baik. Surge S1 dikembangkan dengan delapan inti yang mengombinasikan empat inti Cortex-A53 2,2 GHz dan empat inti Cortex-A53 1,4 GHz.

Daya tarik lainnya dari Surge S1 adalah efesiensi, sehingga daya tahan baterai sebuah perangkat yang mengadopsi prosesor ini bisa lebih hemat. Selain itu, dukungan GPU ARM Mali-T860 juga telah hadir ke dalam Surge S1. Jika benar Nokia akan mengadopsi Surge S1, bisa jadi smartphone yang dipasarkan akan dijual dengan harga lebih terjangkau. Kita tunggu saja kebenarannya!

(last edit: 6 July, 2017 / 12:25 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
78%
Mau
3%
Biasa Aja
12%
Payah!
10%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi

Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.