/ Nokia

Nokia 9 Dikabarkan Meluncur Pertengahan Januari 2018

HMD Global berhasil mengibarkan kembali bendera Nokia di pasar smartphone. Lahir dengan sistem operasi Android, HMD Global selama tahun 2017 ini telah merilis lebih dari satu Nokia Series. Bahkan, Nokia 6 dan Nokia 3 begitu laris di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Puncaknya, HMD Global pun memberanikan diri untuk merilis smartphone flagship Android perdananya, yakni Nokia 8. Tak berbeda dengan Nokia 6 dan Nokia 3, smartphone ini pun disambut antusias penggila gadget di banyak negara.

Tak berhenti sampai di situ, HMD Global dikabarkan sedang menggarap "amunisi" baru yang bakal melenggang di awal tahun 2018. Diberi nama Nokia 9, rencananya HMD Global bakal meluncurkan smartphone tersebut pada tanggal 19 Januari 2017 di Cina bersamaan dengan Nokia 8 (2018).

Kabar lainnya menyebutkan, kedua smartphone ini akan dikustomisasi untuk pasar Cina dengan ROM spesial yang akan menghilangkan layanan Google. Seperti kita ketahui, Cina menutup diri dengan kehadiran layanan Google pada sebuah smartphone.

Rumornya, HMD Global bakal mengemas Nokia 9 dengan layar 5,5 inci Quad HD+. Selain itu, smartphone ini juga bakal memiliki layar kekinian, yakni dengan aspek rasio 18:9. Tak kalah menarik, HMD Global bakal menyematkan chipset Snapdragon 835.

Apakah hanya itu daya tarik Nokia 9? Rupanya tidak! HMD Global juga menyematkan dukungan dual-camera utama dan sertifikasi IP67. Berkat dukungan sertifikasi tersebut, Nokia 9 memiliki kemampuan tahan debu dan air.

Sayangnya, HMD Global tak lagi menyematkan port jack audio 3,5 mm ke dalam smartphone tersebut. Nokia 9 dengan komposisi RAM 6 GB + ROM 64 GB kabarnya dijual dengan harga 3.699 Yuan atau sekitar Rp7 jutaan. Sedangkan RAM 6 GB + ROM 128 GB dibanderol dengan harga 4.199 Yuan atau setara Rp8 jutaan.

(last edit: 5 December, 2017 / 2:09 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
77%
Mau
7%
Biasa Aja
7%
Payah!
10%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi

Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.