Connect with us
UX370-JOE
Featured

Nokia 6 vs Nokia 5 vs Nokia 3, Apa Bedanya?

Droidlime.com,

/

harga nokia 5

Tahun 2017 mutlak menjadi tahun kebangkitan bagi Nokia. Lantaran mereka berhasil merilis tiga smartphone sekaligus. Diawali dengan rilisnya Nokia 6 pada awal bulan Januari, disusul dengan rilisnya Nokia 5 serta Nokia 3 pada MWC beberapa minggu yang lalu. Belum lagi ada Nokia 3310, si ponsel legendaris.

Melihat spesifikasi yang dibawa, tiga smartphone Android Nokia tidak dapat disebut smartphone flagship seperti Huawei P10 atau pun LG G6. Mungkin saja Nokia ingin bersaing pada segmen kelas menengah. Lantas apa saja perbedaan Nokia 6, Nokia 5 dan Nokia 3? Anda akan mengetahuinya setelah menyimak ulasan berikut ini.

Desain dan material

nokia android

Di antara ketiga smartphone ini, Nokia 6 lah yang memiliki dimensi paling besar. Diketahui Nokia 6 memiliki ukuran dimensi 154 x 75,8 x 8,4 mm, sementara Nokia 5 diurutan kedua dengan dimensi 149,7 x 72,5 x 8,55 mm, dan Nokia 3 memilik dimensi hanya 143,4 x 71,4 x 8,48 mm.

Untuk urusan material, Nokia 6 dan Nokia 5 sama-sama menggunakan bahan full-metal, sedangkan Nokia 3 menggunakan metal hanya di bagian depan saja sementara bahan polycarbonate untuk bagian belakang. Kesimpulannya, Nokia 6 dan Nokia 5 terlihat lebih primum dan berkelas ketimbang Nokia 3 yang terlihat sedikit ringkih. Walau sebenarnya itu tergantung dari selera pembeli.

Tampilan

nokia 3

Selanjutnya kita akan membahas pada sisi tampilan ketiga smartphone ini. Melihat dimensi yang dihadirkan sudah jelas Nokia 6 memiliki ukuran layar yang paling besar dan Nokia 3 yang paling kecil. Nokia 6 datang dengan layar berukuran 5,5 inci beresolusi 1.920 x 1.080 piksel dengan kerapatan layar 403 ppi.

Sementara Nokia 5 memiliki layar 5,2 inci beresolusi 1.280 x 720 piksel dengan kerapatan layar 282 ppi dan Nokia 3 menggunakan layar berukuran 5 inci beresolusi 1.280 x 720 piksel dengan kerapatan layar 284 ppi.

Kesemuanya mengunakan layar IPS LCD yang terkenal dengan kecerahannya. Meski begitu, hanya Nokia 6 yang sudah menggunakan resolusi layar Full HD. Sedangkan Nokia 5 dan Nokia 3 masih menggunakan resolusi HD.

Hardware

cpu

Pada sisi hardware, Nokia 6 dan Nokia 5 terlihat mirip karena sama-sama menggunakan processor Snapdragon 430. Namun, Nokia 6 memiliki RAM yang lebih besar yakni 3 GB atau 4 GB serta penyimpanan internal 32 GB dan 64 GB. Sedangkan Nokia 5 hanya memiliki RAM 2 GB dan memori internal 16 GB.

Berbeda dengan Nokia 6 dan Nokia 5, Nokia 3 hadir mengusung prosesor MediaTek 6737 dengan RAM 2 GB serta memori internal 16 GB. Di atas kertas Snapdragon 430 jauh lebih ngebut dibanding MediaTek 6737. Satu lagi, Nokia 6 dan Nokia 5 memiliki pemindai sidik jari. Sedangkan Nokia 3 tidak memilikinya. Sangat disayangkan untuk smartphone yang lahir tahun 2017.

Software

nougat

Pada bagian software, kami akui tidak ada perbedaan di antara ketiga smartphone ini. Nokia 6, Nokia 5, dan Nokia 3 sama-sama menggunakan OS Android terbaru Nougat 7.1. Selain itu, pihak Nokia menyatakan bahwa tidak ada bloatware pada sistem UI yang mereka kembangkan.

Kamera

nokia 6

Nokia 6 hadir dengan kamera belakang 16 MP dengan aperture f/2.0 plus fitur PDAF dan dual-tone LED flash. Begitu pula dengan Nokia 5 hadir dengan dual-tone LED flash, namun kalah pada besaran sensor kameranya yang hanya 13 MP dengan aperture f/2.0. Sementara Nokia 3 menggunakan kamera belakang 8 MP dengan bukaan lensa f/2.0 plus LED flash.

Sedangkan untuk kamera selfie, ketiganya sama-sama menggunakan kamera beresolusi 8 MP yang menawarkan autofocus serta memiliki lensa wide-angle untuk menangkap foto narsis Anda. Ada pula fitur beautify sederhana untuk mempercantik wajah.

Harga

Melihat spesifikasi yang dihadirkan, jelas Nokia 6 memiliki harga paling mahal. Smartphone ini dibanderol dengan harga retai Rp3,1 jutaan. Nokia 5 yang berada di tengah-tengah dibanderol dengan harga Rp2,7 jutaan. Sedangkan Nokia 3 dengan spesifikasi paling rendah ditawarkan seharga Rp1,9 juta.

Advertisement
Comments
Featured

6 Pesona Huawei P20 Pro yang Memukau

Published

on

Huawei P20 Pro 4
Pada tahun lalu Apple kembali menggemparkan pasar smartphone global dengan merilis tiga perangkat sekaligus. Ketiganya adalah iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X. Smartphone terakhir yang disebutkan hadir dalam rangka memperingati 10 tahun kehadiran iPhone di industri ini. Pada awal tahun 2018 ini, tepatnya menjelang akhir bulan Februari lalu, Apple mendapat saingan dengan kehadiran Galaxy S9 dan S9+. Keduanya merupakan smartphone besutan Samsung yang memang hadir untuk berkompetisi di kelas high-end. Dan menjelang akhir Maret 2018 lalu, iPhone X, Galaxy S9 dan Galaxy S9+ mendapat lawan sepadan dari Huawei. Ya! Pabrikan smartphone asal Cina ini dengan penuh percaya diri...
Continue Reading
Featured

5 Aplikasi Video Editor yang Cocok Di-install untuk Smartphone

Published

on

aplikasi editor smartphone
Platform online untuk meng-upload video sangatlah beragam. Tak hanya ada YouTube, namun juga ada beberapa layanan lainnya seperti aplikasi sosial media Instagram dan Facebook, atau aplikasi video streaming karya anak bangsa, Vidio.com. Lewat platform online tersebut, kita dapat dengan meng-upload video yang dibuat, entah itu untuk dokumentasi atau sekadar mencari uang tambahan. Yang terpenting, video yang kita upload harus terlihat berkualitas dan menarik. Dengan begitu, kita bisa berharap video tersebut mampu menggaet banyak penonton. Bukan begitu? Membuat video yang layak "tonton" bukanlah perkara yang sulit. Mengapa? Karena saat ini kita pun bisa menemukan banyak aplikasi video editor yang dapat mempermudah...
Continue Reading
Featured

5 Pekerjaan “Freelance” Online dengan Upah Menggiurkan

Published

on

pekerjaan online
Internet dengan segala macam perangkat teknologi yang ada telah mengubah dunia ini menjadi lebih cepat dan dekat. Kini kita tak perlu bertatap mata secara langsung untuk dapat bercengkrama, bahkan lebih dari itu kita dapat dengan mudah membeli barang hanya dengan duduk santai di rumah. Dengan begini, internet telah bertransformasi menjadi tempat untuk berladang bisnis ataupun untuk bekerja. Nah, bagi Anda seorang mahasiswa atau yang ingin bekerja tanpa dikekang waktu, berikut ini adalah daftar lima pekerjaan "online" yang dapat Anda kerjakan dimana pun saja dengan gaji yang tak kalah menggiurkan. Freelance programmer atau desainer Kemajuan teknologi internet nyatanya telah mempengaruhi segala...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer