/ Nokia

Nokia 1 Masuk Proyek Android Go, Spesifikasinya Sedikit Terungkap

Google pada tahun 2017 lalu telah menggulirkan proyek terbarunya, Android Go. Proyek ini  digulirkan untuk mengajak sejumlah pabrikan smartphone menciptakan perangkat dengan RAM 512 MB atau 1 GB, namun masih bisa secara optimal menjalankan Android dengan mulus.

Selain itu, Android Go juga dihadirkan untuk meneruskan proyek sebelumnya, yakni Android One yang kini sudah "naik kelas". Ya! Kini lewat Android One, Google pun mendorong sejumlah pabrikan smartphone untuk menciptakan perangkat kelas menengah dengan harga terjangkau.

Berbeda dengan Android One yang bekerja sama dengan pabrikan smartphone dalam hal quality control pada hardware, lewat Android Go, Google justru fokus melakukan quality control pada sistem operasi yang terpasang.

Terkait dengan hal itu, baru-baru ini beredar kabar di dunia maya bahwa smartphone pertama yang masuk ke dalam proyek Android Go adalah Nokia 1. Sayangnya, informasi ini belum dikonfirmasi resmi oleh HMD Global.

Berbicara soal desain dan spesifikasi hardware yang bakal di tanam ke dalam Nokia 1, beberapa bocoran yang turut beredar menyebutkan bahwa smartphone ini dikemas dengan layar HD. Sementara, dapur pacunya menggunakan chipset Snapdragon 212.

Seperti telah disebutkan, smartphone yang masuk ke dalam proyek Android Go akan disokong dengan RAM sebesar 512 MB hingga 1 GB. Begitu pun dengan Nokia 1, smartphone ini hanya disokong dengan RAM sebesar 1 GB dan internal storage berkapasitas 16 GB.

Berbicara soal desain, HMD Global dikabarkan akan mengemas Nokia 1 dengan balutan material plastik. Secara kasat mata, desain bagian belakang Nokia 1 terlihat mirip dengan Nokia 2. HMD Global juga menyisipkan dukungan kamera utama plus LED flash dan kamera depan.

Nokia 1 akan berjalan dengan Android Oreo versi ringan atau lite yang bernama Android Go atau sering disebut Android Oreo (Go Edition). Selain sistem operasi yang ringan, Google juga akan menyematkan beberapa aplikasi ringan yang diberi embel-embel "Go".

Tak sedikit yang memperkirakan, smartphone ini akan dibanderol dengan harga mencapai US$ 100. Dugaan lainnya, HMD akan memanfaatkan ajang MWC 2018 di Barcelona untuk memperkenalkan perangkat entry-level-nya ini. So, kita tunggu saja!

(last edit: 12 January, 2018 / 3:51 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
25%
Mau
2%
Biasa Aja
29%
Payah!
50%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi

Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.