/ Lenovo

Moto Z2 Force Lolos Uji Kekerasan Fisik, Sekuat Apa?

Moto Z2 Force kini resmi menjadi pemimpin lini smartphone Moto by Lenovo. Masuk dalam jajaran perangkat flagship, Moto Z2 Force ditenagai chipset Snapdragon 835, RAM 4 GB, serta internal storage berkapasitas 64 GB dalam bodi yang elegan minimalis.

Rupanya, selain membenamkan spesifikasi hardware yang mumpuni, Moto Z2 Force juga diklaim oleh Lenovo sebagai smartphone yang kokoh karena perangkat ini dikemas dengan balutan material yang solid. Benarkah begitu?

Tentu saja, sesumbar yang dilontarkan oleh Lenovo membuat salah satu channel teknologi di YouTube penasaran. Adalah JerryRigEverything yang biasa mengulas ketahanan serta kekuatan sebuah smartphone, akhirnya melakukan uji langsung Moto Z2 Force.

z2 force jerryrig

Langkah pertama adalah menguji ketahanan Shatterproof berbahan plastik yang melindungi layar smartphone. Hasilnya, ketahanan dari pelindung layar ini mencapai 2,5 Mohs. Hal ini mengindikasikan jika layar Moto Z2 Force terkena goresan atau benturan ringan tetap aman.

Bagaimana jika benturan atau goresan mencapai lebih dari skala 2,5 Mohs? Bisa dipastikan semua bagian depan smartphone ini akan benar-benar tergores. Selain itu, tombol fisik Home yang terintegrasi dengan sensor fingerprint juga mudah tergores. Namun meski tergores, fingerprint tetap berfungsi normal.

Uji goresan juga dilakukan pada dual-camera utama dan LED flash yang terpasang. Hasilnya, keduanya cukup sulit tergores karena dilindungi dengan material kaca. Tak ketinggalan, pengujian yang sama juga dilakukan pada casing bagian belakang. Nampak jelas, balutan logam casing belakang sangat mudah tergores.

z2force jerryrig 02

Tak hanya bagian depan dan belakang, uji goresan juga menyasar ke sisi samping atau frame dari smartphone ini. Menggunakan material logam yang terbilang solid alias kokoh, frame Moto Z2 Force tidak mudah tergores walaupun uji goresan ini dilakukan dengan penekanan.

Tak ketinggalan, layar P-OLED Moto Z2 Force juga diuji dengan disulut api. Pengujian ini untuk membuktikan daya tahan layar terkait dengan panas. Walaupun sedikit meninggalkan bercak, layar smartphone ini masih berfungsi normal.

Terakhir, Moto Z2 Force yang ada di tangan JerryRigEverything dicoba untuk dibengkokkan. Dilakukan dengan sekuat tenaga, smartphone ini tetap kokoh bertahan alias tidak mudah bengkok. Dari keseluruhan pengujian "Scratch and Bend" yang dilakukan, terbilang layak jika Moto Z2 Force jadi smartphone modis terkokoh saat ini.

(last edit: 12 August, 2017 / 4:59 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
79%
Mau
2%
Biasa Aja
5%
Payah!
16%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi
Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.