/ Xiaomi

MIUI 9 Stable ROM Bakal Hadir Akhir Oktober

Pada tanggal 28 Agustus 2017 lalu, Xiaomi secara resmi telah merilis MIUI 9 Closed Beta untuk gelombang ketiga. Seperti yang telah dilaporkan sebelumnya bahwa pada gelombang ketiga ini seharusnya semua smartphone Xiaomi telah mendapatkan MIUI 9.

Faktanya, Mi 1, Redmi 2A dan beberapa smartphone Xiaomi lainnya belum mendapatkan update MIUI 9 tersebut. Alasan yang dilontarkan oleh Xiaomi adalah terkendala masalah hardware dari smartphone tersebut yang tidak cukup kuat untuk mengakomodasi upgrade sistem operasi ini.

Semua smartphone Xiaomi yang masuk gelombang ketiga ini adalah sisa dari update MIUI 9 gelombang pertama dan kedua. Namun, upgrade MIUI 9 bisa dikatakan berjalan cukup cepat dan diperkirakan akan terus berlanjut hingga Xiaomi meluncurkan Developer ROM (open beta) untuk publik dalam dua minggu ke depan.

Setelah selesai dengan open beta dari MIUI 9 Developer ROM, selanjutnya produsen smartphone asal Cina ini akan terus bergerak dengan meluncurkan MIUI 9 versi Stable. Pertanyaannya, kapan MIUI 9 versi Stable ini akan hadir?

Menanggapi pertanyaan tersebut, Huang Long In selaku VP Marketing Xiaomi berkomentar bahwa MIUI 9 versi Stable biasanya akan tersedia sekitar dua bulan setelah rilis versi MIUI yang baru. Huang juga menambahkan bahwa Xiaomi tak mau terburu-buru.

Alasan yang dilontarkan oleh Huang terkait dengan hal ini pun cukup masuk akal, yakni Xiaomi tidak ingin mendorong ROM versi stabil yang nantinya justru menimbulkan banyak masalah, seperti timbul bug misalnya.

Meskipun Huang tidak menyebutkan secara detail waktu peluncurannya, kemungkinan besar MIUI 9 Stable ROM secara resmi akan hadir pada akhir Oktober atau awal November 2017. Tak sedikit yang memprediksi, Mi 6 dan Mi 5X adalah smartphone yang pertama kali akan mendapatkan MIUI 9 Stable ROM.

(last edit: 30 August, 2017 / 9:45 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
73%
Mau
10%
Biasa Aja
8%
Payah!
10%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi
Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.