Connect with us
Tech News

MIUI 10 Meluncur, ini Kunci Utama yang Dioptimalkan oleh Xiaomi

Updated

Xiaomi baru saja mengumumkan versi berikutnya dari antarmuka Android MIUI 10. Sudah barang tentu, antarmuka terbaru ini ditunggu-tunggu oleh banyak penggemar setia Xiaomi alias Mi Fans. Dan Xiaomi sendiri juga menjanjikan bahwa MIUI 10 akan menjangkau hampir semua smartphone Xiaomi, tak hanya yang baru saja.

Tak kalah menarik, penekanan yang disuguhkan oleh Xiaomi terkait dengan MIUI 10 adalah optimalisasi untuk smartphone dengan rasio screen-to-body yang tinggi dan bezel minimal. Transisi antarmuka dimulai dengan MIUI 9.5 yang memperkenalkan gerakan navigasi menggantikan tombol perangkat lunak.

Selain itu, perubahan minor pada antarmuka yang ada juga diharapakan dapat membantu pengguna dalam memanfaatkan pengalaman layar penuh yang lebih optimal. Sebagai contoh, kini dalam satu layar bisa menampilkan lebih banyak aplikasi dan bagian notifikasi juga telah mengalami beberapa perubahan.

Selain perubahan visual, MIUI 10 juga menghadirkan beberapa peningkatan terkait dengan kinerja. Perangkat lunak yang ditenagai dengan artificial intelligence alias kecerdasan buatan akan terus menerus untuk membaca kebiasaan pengguna.

MIUI 10 juga memperkenalkan mode berkendara yang baru dan diharapkan dapat lebih maksimal dalam hal navigasi guna membantu pengendara. Lewat perintah suara, pengguna juga dapat melakukan perubahan rute, membalas pesan singkat yang masuk, atau menjawab panggilan masuk via smartphone.

Dan bagi mereka yang masih menggunakan smartphone Xiaomi lawas dengan satu kamera dibagian belakang, MIUI ini juga mengahadirkan fitur kamera baru AI yang disempurnakan untuk memotret bokeh. Tentu saja, aplikasi kamera akan bergantung sepenuhnya pada perangkat lunak AI untuk menganalisis efek bokeh yang dihasilkan.

MIUI 10 juga menambahkan nada dering baru yang meniru suara alam. Pengguna dapat mengaturnya sebagai notifikasi, alarm di pagi hari atau memang sebagai nada dering. Idenya adalah untuk membuat pengguna lebih “rileks” saat menerima banyak panggilan telepon.

Baca juga

Seperti telah disebutkan, MIUI 10 akan kompatibel dengan beberapa smartphone Xiaomi lawas. Lantas, smartphone Xiaomi apa saja yang nantinya bisa dipasangkan MIUI terbaru ini? Berikut daftar lengkap smartphone Xiaomi yang akan menerima update antarmuka terbaru:

Pertengahan hingga akhir Juni 2018

Mi 8 dan semua perubahannya
Mi Mix 2S
Mi Mix 2
Mi Mix
Mi 6X
Mi 6
Mi 5
Mi Note 2
Redmi S2
Redmi Note 5

Akhir Juli 2018

Mi Note 3
Mi 5X (Mi A1)
Mi 5c
Mi 5s
Mi 5s Plus
Mi 4
Mi 4c
Mi 4s
Mi Max 2
Mi Max
Redmi 5
Redmi 5A
Redmi 5 Plus
Redmi 4
Redmi 4A
Redmi 4X
Redmi 3S / 3X
Redmi Pro
Redmi Note 5A
Redmi Note 4
Redmi Note 4X
Redmi Note 3 (semua versi)

Comments

Populer