Microsoft Umumkan Surface Laptop untuk Lawan MacBook Pro Terbaru

Kemarin (03/05) Microsoft meluncurkan notebook terbarunya yang bernama Surface Laptop. Perangkat yang satu ini memiliki desain tipis dengan dimensi mencapai 308 x 223 x 14 mm dan bobot 1,25 kg. Keyboard Surface Laptop dilapisi kain Alcantara seperti Surface Pro 4 yang membuatnya tahan terhadap tumpahan air.

Menurut Panos Panay selaku Chief of Devices at Microsoft, Surface Laptop memiliki LCD sentuh tertipis yang pernah dibuat dan dimasukkan ke laptop. Selain itu, penggunanya juga bisa menggunakan Surface Pen untuk menggambar maupun mencorat-coret laptop. Nantinya Surface Laptop akan tersedia dalam warna Platinum, Cobalt Blue, Burgundy, dan Graphite Gold.

Dari sektor hardware, Surface Laptop dibekali dengan pilihan prosesor Intel Core i5 atau Core i7. Menariknya, Microsoft mengklaim bahwa laptop ini memiliki daya tahan baterai hingga 14,5 jam dalam penggunaan biasa dan performa yang lebih cepat dibandingkan MacBook Pro berprosesor Intel Core i7.

Nantinya Surface Laptop varian Intel Core i5 akan dilengkapi RAM 4 GB atau 6 GB, penyimpanan internal SSD dengan pilihan 128 GB atau 256 GB, dan VGA Intel HD Graphics 620. Sedangkan varian Intel Core i7 akan dibekali dengan RAM 8 GB atau 16 GB, penyimpanan internal SSD dengan pilihan 256 GB atau 512 GB, dan VGA Intel Iris Plus Graphics 640.

Sementara itu, sistem operasinya merupakan sesuatu yang baru diciptakan oleh Microsoft, yakni Windows 10 S. Bisa dibilang Windows 10 S merupakan jawaban untuk menantang Chrome OS. Semua aplikasi yang bisa di-install di sistem operasi ini hanya bisa di-download dari Windows Store. Windows 10 S sendiri memang ditujukan untuk pelajar yang baru saja lulus dari SMA dan melanjutkan ke perguruan tinggi.

Selain ringan, Wndows 10 S ini dapat menjalankan Surface Laptop dengan kencang dan optimal. Namun bagi Anda yang ingin meng-install software selain dari Windows Store maka dapat melakukan upgrade sistem operasi ke Windows 10 Pro. Hal ini merupakan solusi yang ditawarkan oleh Microsoft agar penggunanya bisa menikmati juga software lainnya.

Tak ketinggalan, port USB 3.0, jack audio, port Surface Connect, dan Mini DisplayPort telah hadir di bagian pinggirnya. Untuk saat ini, Surface Laptop sudah dapat dipesan dengan harga mulai US$999 atau sekitar Rp13,31 jutaan untuk RAM 4 GB dan penyimpanan internal SSD berkapasitas 128 GB.

(last edit: 4 May, 2017 / 9:46 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
95%
Mau
5%
Biasa Aja
5%
Payah!
5%
About The Author
Mohamad Fahmi
Pengguna Huawei Mate 9. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.