Menuju Era RAM 8 GB dengan Qualcomm Snapdragon 830

Tak mau ketinggalan dengan Exynos yang merilis Exynos 8890, Snapdragon sedang menyiapkan SoC terbarunya, yaitu Qualcomm Snapdragon 830. Mungkin saja pengembangan dari chipset baru ini sangat cepat mengingat belum banyak smartphone yang menggunakan Snapdragon 820.

Belum banyak kabar atau keterangan mengenai Snapdragon 830. Namun dapat dipastikan prosesor ini dapat mendukung RAM hingga 8 GB. Memang, Snapdragon seri 800 diperuntukkan bagi segmen flagship yang memiliki banyak fitur sehingga memerlukan kapasitas RAM yang lebih besar.

Menurut salah satu pengamat prosesor asal negara Cina, Pan Jiutang, Snapdragon 830 memiliki kode MSM8998. Selain itu, fabrikasi yang digunakan juga yang terbaru, yakni dengan fabrikasi 10nm. Dengan demikian, Snapdragon 830 diharapkan akan lebih hemat daya dan lebih dingin.

Hadirnya Qualcomm Snapdragon 830 juga dapat mempertipis jarak antara smartphone dengan PC, baik dari sisi hardware maupun performa. Apabila digunakan pada smartphone berbasis Windows 10 Mobile, dukungan RAM 8 GB akan semakin menyempurnakan penggunaan Microsoft Continuum, dimana smartphone Windows 10 bisa disulap menjadi PC dengan cara menghubungkannya ke monitor.

(last edit: 3 December, 2015 / 8:14 am)

Artikel menarik lainnya

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
73%
Mau
14%
Biasa Aja
4%
Payah!
10%
About The Author
Ryan Fibrian
Pengguna iPhone7 dan Samsung Galaxy Tab S2. Memiliki ketertarikan dengan dunia gadget dan IT. Memulai karir menulisnya di CHIP Indonesia pada tahun 2010 dan kini menjadi reviewer dan content writer di DroidLime.